BOPI Mulai Verifikasi Klub Liga 1 Hari Ini

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Jumat, 07/04/2017 12:15 WIB
BOPI Mulai Verifikasi Klub Liga 1 Hari Ini BOPI akan melakukan verifikasi 18 klub peserta Liga 1 mulai hari ini. (Dok. Kemenpora)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) akan melakukan verifikasi terhadap 18 klub yang akan berkompetisi di Liga 1 mulai hari ini. Pasalnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) baru menyerahkan data klub kontestan, Rabu (6/4) sore.

Kompetisi kasta teratas Indonesia tersebut rencananya digulirkan pada 15 April mendatang. Namun, Ketua Tim Verifikasi Iman Suroso mengaku baru menerima data permohonan verifikasi dari PT Liga Indonesia Baru (LIB), kemarin.

"Rencana hari ini mau kami periksa. Karena kemarin PT LIB baru menyerahkan datanya agak malam, jadi anggota kami sudah banyak yang pulang," kata Iman saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (7/4) pagi.

Sepintas, lanjut Iman, data-data yang diberikan PT LIB tampak lengkap. Hanya saja PT LIB belum melengkapi daftar pemain dari seluruh kontestan.


Penyerahan data yang mepet membuat BOPI untuk bekerja lebih cepat agar bisa memberikan laporan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi maksimal pada Selasa (11/4).

Sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi klub-klub Liga 1 dalam verifikasi BOPI di antaranya adalah tidak adanya tunggakan gaji terhadap pemain, pelatih, dan ofisial tim.

Para klub juga harus menyerahkan dokumen kontrak kerja. PT Liga Indonesia Baru selaku operator dan seluruh klub peserta harus menyerahkan NPWP, bukti pembayaran dan pelunasan pajak.

Jika sejumlah persyaratan tersebut lengkap, maka Menpora bakal segera memberikan rekomendasi kepada operator liga. Sebaliknya, Menpora akan memanggil pihak-pihak terkait, yakni BOPI, PSSI, dan PT LIB untuk menyelesaikan persoalan.

"Yang saya baru lihat itu berkaitan dengan legalitas seperti SIUP, izin dari Kemenkumham, yang lainnya belum saya bongkar. Kami harapkan sisanya lengkap supaya dalam satu atau dua hari ke depan selesai diperiksa," ucap Iman.

"Sepertinya kami akan bekerja lembur demi menuju Liga 1," ucapnya menambahkan.

Iman pun berharap PT LIB lebih mudah berkoordinasi agar proses verifikasi cepat diselesaikan.

PSSI melalui PT LIB telah menetapkan 15 April 2017 sebagai tanggal dimulai kompetisi Liga 1 musim ini. Pertandingan Persib Bandung melawan Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) akan menjadi laga pembuka kompetisi.