Janggut Keberuntungan Ronaldo di Piala Dunia 2018

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Kamis, 21/06/2018 12:04 WIB
Janggut Keberuntungan Ronaldo di Piala Dunia 2018 Pemain timnas Portugal Cristiano Ronaldo dalam pertandingan melawan Maroko, di Luzhniki Stadium, Moscow, Rusia, 20 Juni. (REUTERS/Maxim Shemetov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Janggut yang tumbuh di dagu penyerang Timnas Portugal Cristiano Ronaldo diklaim membawa keburuntungan kepada sang megabintang di Piala Dunia 2018.

Ronaldo mengakui sedikit janggut yang ia miliki membuat dia banyak mencetak gol. Untuk sementara, pemain Real Madrid ini merupakan pencetak gol terbanyak dalam klasemen sementara turnamen sepak bola antarnegara terbesar di dunia tersebut.

"Janggut ini adalah hasil candaan saya dengan [gelandang Timnas Portugal, Ricardo] Quaresma. Suatu hari, kami sedang berada di sauna ketika saya mulai mencukur janggut saya," kata pria berusia 33 tahun tersebut seperti yang dikutip dari Marca, Kamis (21/6).




"Saya menyisakan sedikit janggut dan mengatakan bahwa jika saya mencetak gol lawan Spanyol, maka saya akan membiarkan janggut ini sampai Piala Dunia berakhir," imbuhnya.

Dalam laga perdana Portugal pada Piala Dunia 2018 lawan Spanyol, Ronaldo mencetak tiga gol untuk memaksakan hasil imbang 3-3, di Stadion Olimpyskiy, 16 Juni.

"Candaan ini berhasil dan membawa keberuntungan, saya mencetak banyak gol. Jadi, saya akan membiarkan janggut ini tumbuh," ujar Ronaldo.

Pemain timnas Portugal Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi gol ke gawang Spanyol, di Fisht Stadium, Sochi, Rusia, 15 Juni.Pemain timnas Portugal Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi gol ke gawang Spanyol, di Fisht Stadium, Sochi, Rusia, 15 Juni. (reuters)
Setiap kali merayakan golnya pada pertandingan melawan Spanyol itu, Ronaldo membuat gestur mengelus-elus dagunya seolah memiliki janggut.

Beberapa media mengklaim Ronaldo menyindir Lionel Messi yang dijuluki The GOAT (Greatest Of All Time) dalam sebuah iklan produk olahraga yang artinya terbaik di sepanjang masa. Simbol kambing jantan yang berjanggut dan bertanduk juga masuk dalam bingkai iklan itu bersama Messi.

Sejauh ini Empat gol Ronaldo diperoleh dari dua laga babak penyisihan Grup A turnamen edisi ke-21 itu. Satu gol lain ia catat ketika berhadapan dengan Maroko di hadapan 78 ribu penonton Stadion Luzhniki pada 20 Juni.

Adapun pencetak gol terbanyak sementara setelah Ronaldo di Piala Dunia 2018 antara lain gelandang timnas Rusia Denis Cheryshev (3 gol) dan penyerang timnas Spanyol Diego Costa (3 gol).

Saat ini, Timnas Portugal berada dalam peringkat kedua dalam klasemen sementara Grup B dengan perolehan 4 poin. Jumlah poin itu sama dengan Spanyol yang berada di urutan teratas.

Bila ingin lolos ke fase gugur, Ronaldo dan kawan-kawan harus mengalahkan lawan mereka selanjutnya yakni Iran yang terpaut satu poin dari Portugal. Mereka akan bertanding di Mordovia Arena pada Selasa (26/6) dini hari mendatang.



Pertandingan antara Iran lawan Portugal akan dimulai pada pukul 01.00 WIB dan disiarkan langsung Trans 7 sebagai pemegang hak siar turnamen empat tahunan tersebut. Cuplikan gol-gol dan highlights turnamen sepak bola antar negara terbesar di dunia edisi ke-21 itu juga bisa disaksikan di CNNIndonesia.com. (arh)