Asian Games 2018

Tim Korea Bersatu 'Sewa' Suporter Indonesia di Asian Games

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Selasa, 28/08/2018 05:24 WIB
Tim Korea Bersatu 'Sewa' Suporter Indonesia di Asian Games Pendukung tim Korea Bersatu yang berasal dari Indonesia. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
Palembang, CNN Indonesia -- Tim Korea Bersatu yang terdiri atlet dan ofisial dari Korea Selatan dan Korea Utara menyewa belasan orang Indonesia untuk menjadi suporter di Asian Games 2018.

Belasan orang Indonesia kompak memakai kostum yang sama dengan puluhan orang Korea untuk mendukung tim perahu naga bertanding di Danau Jakabaring Sport City pada Minggu (26/8) dan Senin (28/8).

Di cabang tersebut tim Korea Bersatu berhasil menyabet tiga medali, yakni emas di nomor 500 meter putri serta dua perunggu di nomor 200 meter putri dan 1.000 meter putra.


"Saya nonton [perahu naga] karena diajak ofisial Korea. Ceritanya mereka butuh 15 orang suporter Indonesia untuk dukung tim mereka. Kebetulan salah satu ofisial penanggung jawab itu teman saya, jadi dia minta bantuan saya," kata salah satu pendukung tim Korea Bersatu asal Indonesia, Heriyanto, Senin (28/8).

"Orang Indonesia yang mendukung Korea campur-campur. Ada mahasiswa, ada yang sudah kerja, dan masyarakat Palembang lainnya juga," kata Heriyanto menambahkan.

Tim Korea Bersatu meraih medali emas pada nomor perahu naga 500 meter putri.Tim Korea Bersatu meraih medali emas pada nomor perahu naga 500 meter putri. (REUTERS/Alfie Lee)
Heriyanto mendukung Korea sejak akhir pekan lalu. Setiap orang yang mendukung Korea, ucap dia, ditanggung biaya makan. Heriyanto merasa biasa saja mendukung tim Korea Bersatu dan lebih semangat mendukung tim Indonesia.

"Tapi kalau disuruh dukung Korea dan kemudian ada Indonesia bertanding juga, perasaan itu agak terbagi. Kami bicara juga dengan mereka (pendukung Korea). Mereka bilang, 'Nanti dukung Korea ya, nanti kami dukung Indonesia juga'. Mereka saling dukung, peduli, ramah, dan diajak bicara juga asyik," ucap Heriyanto.

Adanya bantuan untuk mendukung tim Korea diakui Pidadari selaku admin Asosiasi Yongmoodo Indonesia. Yongmoodo merupakan seni bela diri dari Korea.

"Asosiasi itu minta agar yang di Palembang mencari staf untuk urus suporter Korea. Dari Indonesia ada sekitar 15 orang, sisanya campur ada Korut dan Korsel sekitar 20 orang. Bertugas sebagai admin ini ada bayarannya, kami dibayar bulanan di akhir kerja setelah Asian Games," pungkas Pidadari.

Pidadari senang melihat kerukunan antara Korea Selatan dan Korea Utara. Para suporter duduk bercampur, tidak ada rasa sungkan di antara kedua bangsa itu dalam bangku tribune.

"Mereka bersaudara dan saling dukung," sambung dia. (har)