Timnas Indonesia Kalah 0-1 dari Singapura di Piala AFF 2018

CNN Indonesia | Jumat, 09/11/2018 20:54 WIB
Timnas Indonesia Kalah 0-1 dari Singapura di Piala AFF 2018 Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Singapura di laga pertama Grup B Piala AFF 2018. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Singapura pada laga pertama Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Singapura, Jumat (9/11).

Indonesia dan Singapura sama-sama menampilkan permainan terbuka. Namun, Singapura memiliki ritme serangan lebih baik dan mampu unggul satu gol di babak pertama.

Singapura berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-37 melalui gol Hariss Harun. Gol tercipta setelah umpan silang Gabriel Quak gagal diantisipasi lini belakang Indonesia di dalam kotak penalti.


Satu menit kemudian Indonesia sebenarnya berhasil mencetak gol melalui Stefano Lilipaly setelah menerima umpan Irfan Jaya. Tapi, gol tersebut dianulir karena Irfan Jaya dianggap offside. Dalam tayangan ulang terlihat Irfan Jaya sebenarnya tidak dalam posisi offside ketika menerima umpan lambung.

Timnas Indonesia gagal menampilkan performa apik saat dikalahkan Singapura.Timnas Indonesia gagal menampilkan performa apik saat dikalahkan Singapura. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Setelah gol Lilipaly yang dianulir, Singapura hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-40 melalui Faris Ramli. Namun, tendangan keras Faris dari dalam kotak penalti berhasil diblok Andritany. Keunggulan 1-0 untuk Singapura bertahan hingga akhir babak pertama.

Di awal babak kedua Bima Sakti memutuskan untuk menarik keluar Irfan Jaya dan memasukkan Riko Simanjuntak. Namun, masuknya winger Persija Jakarta itu belum memberikan perubahan signifikan di awal babak pertama.

Singapura justru hampir mencetak gol kedua melalui Faris Ramli. Berawal dari tendangan kiper Hassan Sunny, Singapura melakukan serangan balik cepat dan menempatkan Faris dalam posisi bebas. Namun, tendangan lambung Faris yang melewati Andritany hanya membentur mistar gawang.

Beto Goncalves gagal mencetak gol untuk Timnas Indonesia saat dikalahkan Singapura.Beto Goncalves gagal mencetak gol untuk Timnas Indonesia saat dikalahkan Singapura. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Di pertengahan babak kedua serangan Indonesia mulai terlihat. Tapi, sejumlah peluang yang didapat Indonesia gagal membuahkan hasil. Pada menit ke-62, sebuah umpan Febri dari sisi kanan berhasil ditangkap kiper Hassan Sunny sebelum mampu diteruskan para pemain Indonesia di kotak penalti.

Febri kemudian mendapatkan peluang enam menit kemudian. Sayang, tendangan spekulasi pemain Persib Bandung itu dari luar kotak penalti masih menyamping di sisi kiri gawang Singapura.

Di 15 menit akhir pertandingan Indonesia mampu mengurung pertahanan Singapura. Pasukan Bima Sakti lebih memiliki ritme dalam membangun serangan. Pada menit ke-75, Rizki Rizaldi Pora hampir menyamakan kedudukan untuk Indonesia ketika tendangan kerasnya dari luar kotak penalti berhasil ditangkap kiper Hassan.

Usaha terakhir Bima Sakti adalah memasukkan Septian David Maulana pada menit ke-84 dan menarik keluar Lilipaly. Namun, masuknya Septian tidak mampu memberikan perubahan. Indonesia justru kehilangan pemain setelah I Putu Gede Juni Antara mendapat kartu kuning kedua saat injury time babak kedua. Skor 1-0 untuk Singapura bertahan hingga akhir laga.

Timnas Indonesia selanjutnya akan menghadapi Timor Leste pada pertandingan kedua Grup B di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 13 November mendatang.

Susunan pemain

Timnas Singapura: Hassan Sunny; Zulqarnaen Suzliman, Irfan Fandi, Safuwan Baharudin, Shakir Hamzah; Hariss Harun, Izzdin Shafiq, Yasir Hanapi, Faris Ramli; Gabriel Quak, Ikhsan Fandi.

Timnas Indonesia: Andritany Ardhiyasa; I Putu Gede Juni Antara, Ricky Fajrin (Fachruddin Aryanto, 64'), Hansamu Yama Pranata, Rizky Pora; Evan Dimas Darmono, Zulfiandi; Irfan Jaya (Riko Simanjuntak, 46'), Stefano Lilipaly (Septian David Maulana, 84'), Febri Hariyadi; Beto Goncalves. (har/nva)