Timnas Indonesia Tak Pernah Menang di Markas Thailand

CNN Indonesia | Sabtu, 17/11/2018 09:22 WIB
Timnas Indonesia Tak Pernah Menang di Markas Thailand Timnas Indonesia tak pernah menang di markas Thailand. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia tidak pernah menang di markas Thailand selama pagelaran turnamen Piala AFF jelang pertemuan kedua tim di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11).

Tim Merah Putih diadang rapor buruk dalam rekor pertemuan dengan Thailand sebelum pertandingan ketiga Grup B Piala AFF 2018. Laga itu krusial untuk Timnas Indonesia karena bisa menentukan nasib Skuat Garuda untuk lolos ke babak berikutnya.

Sejak berpartisipasi pada 1996 dalam turnamen sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut, Timnas Indonesia tercatat empat kali bertanding di kandang Thailand. Dari keempat pertemuan itu, tak sekalipun Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Gajah Perang.


Pertemuan pertama terjadi ketika penyisihan Grup A Piala AFF yang dulunya bernama Piala Tiger pada 2000. Saat itu Timnas Indonesia kalah 1-4 di Stadion 700th Anniversary, Chiang Mai, pada 8 November 2000.

Kendati begitu, Timnas Indonesia lolos babak grup dengan predikat runner up. Sementara Thailand menduduki puncak klasemen Grup A.

Kedua kesebelasan tersebut bertemu kembali di babak final Piala AFF 2000. Thailand yang lagi-lagi diuntungkan bermain kandang menang atas Timnas Indonesia dengan skor 4-1 di Stadion Rajamangala pada 18 November 2000.

Timnas Indonesia diadang rapor butuk melawan Thailand.Timnas Indonesia diadang rapor butuk melawan Thailand. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Delapan tahun kemudian, pertemuan ketiga Timnas Indonesia dengan Thailand terjadi di Stadion Rajamangala dalam semifinal Piala AFF. Tim Merah Putih pun harus menelan kenyataan kalah untuk ketiga kalinya. Kali ini Timnas Indonesia takluk 1-2 dari Thailand di hadapan 40 ribu penonton.

Duel terakhir Timnas Indonesia dengan Thailand yang digelar di Negeri Gajah Putih itu bersua pada leg kedua final Piala AFF 2016. Namun, untuk kali keempat Timnas Indonesia kalah.

Di pertandingan yang digelar di Stadion Rajamangala itu tim asuhan Alfred Riedl menyerang 0-2 dari Thailand di hadapan 48 ribu penonton. Hansamu Yama dan kawan-kawan pun gagal membuat Merah Putih juara untuk kelima kalinya.

Kini Timnas Indonesia akan bertamu lagi di Stadion Rajamangala dalam penyisihan Grup B Piala AFF 2018. Pertandingan nanti adalah pertemuan kelima kedua tim di Thailand yang terjadi di turnamen Piala AFF.

Berikut catatan pertemuan skuat Merah Putih di markas Thailand:

Thailand vs Timnas Indonesia / 4-1 / Grup A / Stadion 700th Anniversary / Piala AFF 2000
Thailand vs Timnas Indonesia / 4-1 / Final / Stadion Rajamangala / Piala AFF 2000
Thailand vs Timnas Indonesia / 2-1 / Semifinal / Stadion Rajamangala / Piala AFF 2008
Thailand vs Timnas Indonesia / 2-0 / Leg Kedua Final / Stadion Rajamangala / Piala AFF 2016 (map/sry)