Ronaldo dan Madrid Sama-sama Bermasalah di Liga Champions

CNN Indonesia | Jumat, 14/12/2018 02:07 WIB
Ronaldo dan Madrid Sama-sama Bermasalah di Liga Champions Cristiano Ronaldo tak produktif di babak penyisihan grup Liga Champions. (REUTERS/Alberto Lingria0
Jakarta, CNN Indonesia -- Cristiano Ronaldo dan Real Madrid berpisah dan kini keduanya sama-sama bermasalah di Liga Champions.

Ronaldo meninggalkan Real Madrid untuk bergabung dengan Juventus yang merupakan raksasa asal Italia. Kepindahan Ronaldo merupakan kejutan besar di bursa transfer musim ini.

Setelah Ronaldo meninggalkan Real Madrid, Los Blancos kehilangan mesin gol terbaik yang pernah mereka miliki. Skuat asuhan Santiago Solari kemudian sering bermasalah dalam urusan menggedor gawang lawan.

Real Madrid memang berhasil mengakhiri babak penyisihan dengan status juara grup namun performa kurang meyakinkan. Real Madrid hanya mencetak total 12 gol dalam enam pertandingan yang mereka lalui.


Real Madrid bahkan dua kali kalah melawan CSKA Moskow. Dalam matchday terakhir, Real Madrid dipermalukan oleh CSKA dengan skor 0-3. Meskipun hasil itu tak lagi memengaruhi status juara grup, namun kekalahan di markas sendiri dengan skor telak tentu merupakan hasil yang memalukan.

Real Madrid baru menelan kekalahan telak 0-3 dari CSKA Moskow di markas sendiri.Real Madrid baru menelan kekalahan telak 0-3 dari CSKA Moskow di markas sendiri. (REUTERS/Sergio Perez)
Namun bukan hanya Real Madrid yang kesulitan di Liga Champions, namun juga Ronaldo. CR7 hanya mencetak satu gol untuk Juventus di babak penyisihan grup. Ronaldo untuk pertama kalinya juga tidak mencetak gol pada laga tandang babak penyisihan di Liga Champions sejak 2008/2009.

Padahal selama di Real Madrid, Ronaldo mampu mencetak 55 gol dalam 49 laga alias memiliki rataan 1,12 gol per laga.

Meski tidak memberikan kontribusi lebih untuk Juventus dalam urusan gol, Ronaldo patut bersyukur karena Juventus bisa menjadi pemuncak klasemen.

Dengan status juara grup yang dimiliki Juventus dan Real Madrid, maka Bianconeri dan Los Blancos tidak akan mungkin bertemu di babak 16 besar. (ptr/bac)