Manchester United Tak Sekadar Butuh Pecat Mourinho

CNN Indonesia | Senin, 17/12/2018 14:25 WIB
Manchester United Tak Sekadar Butuh Pecat Mourinho Jose Mourinho kesulitan mengangkat performa Manchester United musim ini. (Reuters/Carl Recine)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda Manchester United, Gary Neville menyebut 'Setan Merah' tak akan keluar dari tekanan hanya dengan sekadar memecat Jose Mourinho.

Neville menilai ada kemunduran besar dalam Manchester United bila membandingkan era Sir Alex Ferguson dengan era setelahnya.

"Penggemar United seolah tak ingin menyaksikan laga, mereka tidak antusias menanti pertandingan. Hal itu tak hanya terjadi saat ini melainkan juga saat di bawah David Moyes dan Louis van Gaal. Semuanya itu tentu kesalahan manajer."


"Ada tiga manajer bagus dan bahkan salah satunya adalah yang terbaik [Mourinho] bersama Pep Guardiola dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Itulah mengapa kalian harus mengatakan ada sesuatu yang tidak benar," kata Neville seperti dikutip dari Sky Sports.

Neville menganggap persoalan Manchester United saat ini bukan sekadar Mourinho yang tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaik tiap pemain atau tentang direksi yang tidak mendukung penuh keinginan Mourinho.
Manchester United jauh tertinggal dalam perburuan titel juara Liga Inggris.Manchester United jauh tertinggal dalam perburuan titel juara Liga Inggris. (REUTERS/Carl Recine)
"Ada banyak isu, lebih kompleks dari sekadar manajer tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaik atau tidak mendapat dukungan. Klub ini perlu diatur ulang," ucap Neville.

Mantan bek kanan Manchester United ini kemudian menganggap 'Setan Merah' perlu kembali menempatkan orang-orang kompeten sesuai bidangnya.

"Lima tahun lalu, dua sosok besar [Ferguson dan David Gill] pergi meninggalkan klub, dua sosok yang punya pengetahuan hebat tentang sepak bola."

"Yang kemudian terjadi adalah orang-orang dari finansial dan komersial yang melakukan tugas luar biasa di bidang itu, kemudian di tempatkan pada sisi sepak bola. Mereka tidak punya kompetensi bagus untuk melakukan itu. Mereka kini seharusnya kembali mengalihkan tugas untuk mengurus sepak bola kepada sosok yang punya kemampuan bagus untuk itu," ujar Neville. (ptr/jun)