Kalahkan Kamura/Sonoda, Ahsan/Hendra ke Final All England

bva, CNN Indonesia | Sabtu, 09/03/2019 19:41 WIB
Kalahkan Kamura/Sonoda, Ahsan/Hendra ke Final All England Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan mengalahkan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda 21-19 dan 21-16 dalam laga semifinal All England 2019 yang berlangsung di Birmingham Arena, Inggris, Sabtu (9/3).

Pertandingan yang mempertemukan kedua unggulan ini berlangsung ketat. Ahsan/Hendra dan Kamura/Sonoda silih berganti memimpin perolehan poin.

Agresivitas pasangan Jepang dalam menyerang dihadapi dengan ketekunan dalam bertahan oleh pasangan senior asal Indonesia.


Ahsan/Hendra yang sempat memimpin 7-5 mampu mempertahankan keunggulan dua poin dan bahkan mampu unggul 11-8 pada interval gim pertama yang dicapai dalam waktu tujuh menit.

Keunggulan Ahsan/Hendra sempat melebar menjadi empat poin setelah interval, namun laga tidak menjadi mudah karena Kamura/Sonoda terus berupaya mengejar ketertinggalan poin.

Sempat unggul 17-13, Ahsan/Hendra gagal melepaskan tekanan dan disamakan menjadi 17-17 dan skor imbang bertahan hingga 19-19.

Pengembalian bola yang melebar dari Kamura dan smes kencang Ahsan yang menghujam kencang membuat pasangan Indonesia menang 21-19 di gim pertama.

Kalahkan Kamura/Sonoda, Ahsan/Hendra ke Final All EnglandMohammad Ahsan/Hendra Setiawan berpeluang menambah gelar juara All England. (Dok. PBSI)
Pada awal gim kedua Ahsan/Hendra mampu memimpin perolehan dengan cukup jauh, hingga kedudukan 7-2. Selisih lima poin masih dapat dipertahankan dan laga mencapai interval dengan skor 11-5.

Sejak awal gim kedua kondisi kaki kanan Hendra tampak tidak nyaman karena mengalami cedera dan sudah mendapat perawatan pada awal gim kedua. Betis kanan Hendra kembali harus disemprot dengan penghilang rasa sakit dan harus ditambahkan pelindung pada interval.

Kamura/Sonoda terus berjuang mendekati poin Ahsan/Hendra, namun keuletan juara All England 2014 itu membuat pasangan Jepang mengalami kesulitan.

Unggul 17-13, Ahsan/Hendra nyaris disamakan ketika Kamura/Sonoda meraih tiga poin beruntun. Namun angka 16 menjadi titik terakhir perlawanan Kamura/Sonoda dan Ahsan/Hendra memastikan tiket final dengan kemenangan 21-16 pada gim kedua.

Dalam laga final Ahsan/Hendra akan menghadapi pemenang pertandingan semifinal lain yang mempertemukan Fajar Alfian/M Rian Ardianto dengan Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Selain Fajar/Rian, wakil Indonesia lain yang masih akan bertanding pada babak semifinal adalah ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti berhadapan dengan Zheng Siwei/Huang Yaqiong. (nva/nva)