4 Kontroversi di MotoGP Catalunya 2019

CNN Indonesia | Senin, 17/06/2019 16:14 WIB
4 Kontroversi di MotoGP Catalunya 2019 Tercatat empat kontroversi terjadi di MotoGP Catalunya 2019. (LLUIS GENE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tercatat ada empat momen kontroversial terjadi pada seri balapan MotoGP Catalunya 2019 di Sirkuit Barcelona, Minggu (16/6).

Marc Marquez berhasil memenangkan podium pertama MotoGP Catalunya secara mudah. Pasalnya, sejumlah rival utama The Baby Alien gagal finis setelah mengalami kecelakaan beruntun.

Tabrakan beruntun tersebut merupakan satu dari empat kontroversi yang terjadi di MotoGP Catalunya. Sebanyak empat pebalap top dunia terempas.


Kecelakaan yang dialami Jorge Lorenzo di Tikungan 10 juga menyebabkan Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi terjatuh.

Berikut empat kontroversi di MotoGP Catalunya 2019:

1. Lorenzo Bikin Marquez Geram

Lorenzo pernah membuat Marquez geram di sesi latihan bebas ketiga. Kekesalan The Baby Alien berawal saat dua pebalap asal Spanyol itu berpacu membuat catatan waktu terbaik di sesi tes bebas ketiga.
4 Kontroversi di MotoGP Catalunya 2019
Dalam rekaman video yang viral di media sosial, The Baby Alien tampak marah dengan Lorenzo. Di tikungan ketiga saat keduanya berdekatan, Marquez mengangkat-angkat tangan kirinya ke arah Lorenzo.

Marc Marquez sempat dibuat kesal oleh Jorge Lorenzo pada latihan bebas ketiga MotoGP Catalunya 2019. (Marc Marquez sempat dibuat kesal oleh Jorge Lorenzo pada latihan bebas ketiga MotoGP Catalunya 2019. (REUTERS/Jon Nazca)
Jurnalis MotoGP Simon Patterson menyebut Marquez tidak senang dengan Lorenzo karena dia menghalangi laju putaran cepatnya di akhir-akhir sesi tes bebas ketiga. Apalagi Marquez amat membutuhkan putaran cepat demi merevisi catatan waktunya. Tha Baby Alien pun menganggap Marquez seharusnya dihukum.

Belakangan, Lorenzo minta maaf kepada Marquez dan dimanfaatkan pebalap Honda itu.

2. Vinales Dihukum karena 'Ganggu' Quartararo

Maverick Vinales mendapatkan hukuman penalti turun tiga grid lantaran 'mengganggu' laju pebalap lain yakni Fabio Quartaro. Steward FIM menilai Vinales bersalah sengaja mengangkat roda depan dan melambaikan tangan ke penonton sehingga nyaris bertabrakan dengan Quartararo di kualifikasi kedua (Q2).
Maveric Vinales dinilai membahayakan Fabio Quartararo pada kualifikasi kedua. (Maveric Vinales dinilai membahayakan Fabio Quartararo pada kualifikasi kedua. (Foto: LLUIS GENE / AFP)
Pebalap asal Prancis itu terlihat sempat marah kepada Vinales. Pasalnya, Quartararo harus menyelesaikan kualifikasinya di tikungan cepat. Sanksi itu membuat rekan Valentino Rossi start di posisi keenam.

3. Bradley Smith Tabrak Espargaro

Pebalap tes dari Aprilia, Bradley Smith, menabrak Aleix Espargaro saat lap pertama MotoGP 2019 dimulai. Akibatnya, Espargaro mengalami kecelakaan di Tikungan 10.

Bradley Smith saat masih membalap di tim KTM Red Bull. (Bradley Smith saat masih membalap di tim KTM Red Bull. (Foto: AFP PHOTO / Karim JAAFAR)
Alhasil, Stewards FIM menjatuhkan sanksi kepada Smith. Dia mendapat hukuman turun tiga grid pada balapan berikutnya di MotoGP Republik Ceko.

4. Lorenzo Jatuh Sebabkan Kecelakaan Beruntun

Insiden paling besar di MotoGP 2019 tampaknya peristiwa kecelakaan beruntun yang disebabkan Lorenzo pada lap kedua. Pasalnya, insiden itu juga menyebkan tiga pebalap lain yaitu Dovizioso, Vinales, dan Rossi ikut terjatuh.

4 Kontroversi di MotoGP Catalunya 2019Andrea Dovizioso sempat berada di posisi terdepan pada lap pertama Sirkuit Barcelona. (PAU BARRENA / AFP)
Motor Lorenzo yang terjatuh di Tikungan 10 mengenai Dovizioso dan Vinales sehingga mereka juga terempas. Sementara The Doctor juga tergelincir karena berusaha menghindari motor Lorenzo. (bac/har)