Klopp Bakal Contek Taktik Sarri di Chelsea

CNN Indonesia | Senin, 15/07/2019 13:04 WIB
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp akan mengadaptasi formasi Chelsea dengan menempatkan Adam Lallana bermain di posisi 'Jorginho' di musim depan. Liverpool dan Chelsea merupakan kesebelasan yang kerap bersaing di papan atas Liga Inggris. (REUTERS/Phil Noble)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih LiverpoolJurgen Klopp akan mengadaptasi formasi Chelsea dengan menempatkan Adam Lallana bermain di posisi 'Jorginho' di musim depan.

Berposisi sebagai gelandang, Lallana kesulitan menjadi stater utama Liverpool. Pemain Inggris itu harus bersaing dengan penghuni lini tengah lain di kubu The Reds seperti Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum, Fabinho, Naby Keita, dan James Milner.

Musim lalu, Lallana hanya bermain 16 kali di semua kompetisi dan sering disebut bakal hengkang dari Anfield.


Melihat performa Lallana pada dua pertandingan pramusim Liverpool melawan Bradford dan Tranmere, Klopp menemukan rencana baru untuk Lallana di musim depan.

Pemain 31 tahun tersebut akan diberi peran untuk menjadi 'Jorginho' layaknya di Chelsea, yang bermain lebih bertahan. Jorginho sendiri bermain sebagai deep-lying playmaker, yang menjadi arsitek dengan merancang permainan tim dari tengah cenderung ke belakang.

Klopp Bakal Contek Taktik Sarri di ChelseaAdam Lallana (kedua dari kiri) menjadi salah satu pemain yang meredup di Liverpool. (REUTERS/David Klein)
"Adam adalah tipe pemain yang bisa memainkan peran itu dan dia akan menikmati peran 'Jorginho' ini. Dan saya harap Maurizio Sarri tidak melihat permainannya sehingga dia akan membuat penawaran transfer," ujar Klopp.

Melihat hal ini, Klopp harus memikirkan dengan matang peran 'Jorginho' untuk Lallana, mengingat peran tersebut sangat krusial untuk membangun serangan.

Klopp Bakal Contek Taktik Sarri di Chelsea
"Ini tentang cara Adam mendapakan ritme, membawanya lebih awal dan melakukan hal-hal yang secara alami dia kuasai: ruang-ruang sempit, mengoper bola, dan kemudian ikut membantu pertahanan bersama Milly [James Milner] itu mungkin. Bagi kami, ini adalah pilihan lain." ujar Klopp dilansir dari Telegraph.

"Ia butuh sedikit keberuntungan, seperti yang kita semua lakukan dalam hidup. Kami harus melalui tanpa cedera, itu akan menjadi keren, dan kemudian kami memiliki beberapa pemain baru, saya akan mengatakan, musim ini."

Diketahui bahwa Klopp kembali menghidupkan karier James Milner dengan memanfaatkan mantan pemain Manchester City tersebut sebagai bek kiri dan menjadi salah satu pemain Liverpool paling berpengaruh musim lalu.

Pelatih asal Jerman tersebut juga mendapat kredit dengan mengubah Trent Alexander-Arnold dari seorang gelandang menjadi salah satu bek kanan terbaik Eropa. (mcf)