Schumacher Jalani Operasi Stem Cell di Paris

CNN Indonesia | Selasa, 10/09/2019 14:56 WIB
Schumacher Jalani Operasi Stem Cell di Paris Michael Schumacher jalani operasi stem cell di Paris. (AFP PHOTO / POOL / Manu Fernandez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pebalap Formula 1 (F1) Michael Schumacher dibawa ke Paris, Prancis, untuk menjalani operasi stem cell atau sel punca.

Veteran yang meraih tujuh gelar juara F1 itu tiba di rumah sakit Paris pada Senin (9/9) untuk menjalani penanganan awal.

Schumacher kemungkinan akan dioperasi stem cell di Rumah Sakit Pompidou, di tenggara Paris. Dia akan ditangani langsung oleh ahli bedah sekaligus jantung Prancis, Philippe Menasche.


Menasche merupakan salah satu dokter spesialis yang sangat terkenal di dunia dalam melakukan bedah transplantasi sel terhadap pasien yang mengalami kegagalan fungsi jantung.

Schumacher menjalani operasi stem sel di Paris. (Schumacher menjalani operasi stem sel di Paris. (AFP PHOTO / GERARD JULIEN)
Media Prancis Les Parisiens seperti dikutip dari Daily Mail melansir tepat pada pukul 15.40 waktu setempat, Schumacher tiba di lantai satu RS Georges Pompidou dengan diusung tandu.

Schumacher diselimuti seluruh tubuh dan wajahnya dengan dengan pakaian biru kemudian dibawa ke unit pemantauan intensif di Departemen Bedah Jantung rumah sakit tersebut. Tim bedah yang terdiri dari 10 orang tersebut rencananya menjalani operasi stem cell, Selasa (11/9) ini.

Schumacher sendiri sudah dua kali dibawa ke RS Pompidou tahun ini. Dalam dua kesempatan itu, dia dibawa dengan menggunakan helikopter dari Swiss dan mendarat di Issy-les-Moulineaux dekat Paris.

[Gambas:Video CNN]
Kondisi Schumacher sendiri masih dirahasiakan. Pria asal Jerman itu sempat koma sangat lama karena kecelakaan saat melakukan ski es di Pegunungan Alpen Prancis lebih dari lima tahun lalu.

Atas permintaan sang istri, Corinna Schumacher, kondisi mantan pebalap F1 tersebut harus dirahasiakan.

Schumacher Dibawa ke Paris Jalani Operasi Stem Cell
Selama ini, Schumacher menjalani perawatan khusus di kediamannya di Swiss setelah mengalami koma karena benturan keras di kepala saat melakukan ski di pegunungan Alpen.

Schumacher juga sempat dikabarkan telah sadar dari koma, namun perkembangannya masih sangat lambat. (bac/har)