Kalah dari Tyson Fury, Wilder Mengaku Salah Pakai Kostum 18kg

CNN Indonesia | Selasa, 25/02/2020 10:02 WIB
Kalah dari Tyson Fury, Wilder Mengaku Salah Pakai Kostum 18kg Deontay WIlder kalah TKO di ronde ketujuh. (AP Photo/Isaac Brekken)
Jakarta, CNN Indonesia -- Deontay Wilder mengaku melakukan kesalahan dengan memakai kostum seberat 18kg saat menuju ring dalam laga lawan Tyson Fury.

Wilder mengenakan jubah berkilau dan memakai topeng serta mahkota dalam perjalanan menuju ring. Penampilan Wilder menyerupai tokoh superhero. Wilder lalu mengakui penampilan eksentriknya ini menuntun pada kekalahan TKO di ronde ketujuh.

"Ada banyak hal salah yang terjadi jelang pertandingan, beberapa menit sebelum pertandingan, namun tentu saya mengambil tanggung jawab penuh atas hal tersebut."


"Saya harus membayar mahal karena kaki saya terkena efek pakaian yang saya kenakan. Kostum saya terlalu berat. Beratnya sekitar 18kg. Kami mengenakan itu 10-15 menit sebelum berjalan ke ring, plus memakai helm," ujar Wilder seperti dikutip dari ABC News.
Kalah dari Tyson Fury, Wilder Mengaku Salah Pakai Kostum 18kgDeontay Wilder mengaku kostumnya terlalu berat. ( Al Bello/Getty Images/AFP)

Wilder mengakui dirinya sudah sadar ada yang tidak beres dengan kondisinya setelah ia tiba di atas ring.

"Bobot kostum memberikan beban tambahan, kemudian saya berjalan menuju ring, menaiki tangga. Hal itu benar-benar seperti latihan harian untuk kaki saya. Ketika saya melepas kostum itu, saya langsung menyadari ada yang berbeda," kata Wilder.

[Gambas:Video CNN]

Wilder menggunakan kostum tersebut sebagai bentuk penghormatan pada Black History Month.

"Ide kostum tersebut sepenuhnya dari desainer karena saya membebaskannya. Sejak ronde ketiga, kaki saya sudah tak dalam kondisi baik. Saya benar-benar sudah habis. Saya harus masuk ke mode bertahan lebih cepat. Namun kalian tahu bahwa saya adalah seorang pejuang, seorang ksatria, dan itulah yang saya lakukan," ujar Wilder.

Wilder kalah TKO di ronde ketujuh setelah kubu Wilder melempar handuk melihat Wilder terpojok dan mendapat serangan beruntun dari Tyson Fury. Wilder juga dua kali dijatuhkan oleh Tyson Fury di laga tersebut. (ptr/ptr)