Gaji Pelatih Timnas Thailand Akira Nishino Dipotong 50 Persen

CNN Indonesia | Rabu, 01/04/2020 15:39 WIB
FAT memotong gaji pelatih timnas Thailand Akira Nishino untuk menjaga kestabilan keuangan akibat pandemi virus corona. Pelatih timnas Thailand, Akira Nishino, dipotong gaji akibat virus corona. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) memotong gaji pelatih timnas Thailand Akira Nishino untuk menjaga kestabilan keuangan akibat pandemi virus corona. Gaji pelatih asal Jepang itu dipotong 50 persen.

Dilansir media Vietnam Bongda, Nishino bukan satu-satunya pegawai FAT yang terkena pemotongan gaji. Seluruh pegawai FAT juga terkena kebijakan serupa.

Nishino merupakan salah satu pelatih timnas dengan gaji besar di kawasan Asia Tenggara. Ia menerima bayaran US$1 juta atau setara Rp16,5 miliar per tahun.


Dengan pengurangan gaji ini, Nishino hanya akan menerima setengah dari gaji normal atau US$500 ribu. Namun, tidak diketahui kapan waktu definitif dimulai dan berakhirnya pemotongan gaji tersebut.

Gaji Pelatih Timnas Thailand Akira Nishino Dipotong 50 Persen
"Kami akan mendiskusikan lebih detail dengan Nishino terkait pengurangan gaji ini. Karena tidak ada satupun yang bisa mengantisipasi masalah serius ini," ujar Presiden FAT, Somyot Phumpanmuang.

Berbeda dengan FAT, Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) belum mengambil kebijakan organisasi apapun untuk menjaga kestabilan keuangan akibat virus corona. Termasuk pula terkait kemungkinan memotong gaji pelatih, Park Hang Seo dalam waktu dekat.

Sebelumnya sempat beredar kabar VFF akan memotong gaji pelatih asal Korsel itu karena The Golden Stars tidak akan terlibat dalam kompetisi manapun karena imbas virus corona.

"Gaji pelatih Park Hang Seo masih dibayarkan sesuai kontrak yang ditandatangani dengan VFF dan saya pikir kita tidak perlu membahas soal isu ini," ujar Le Hoai Anh, Sekretaris Jenderal VFF.

Sementara itu, kompetisi profesional dan amatir di Thailand dihentikan minimal sampai 2 Mei mendatang karena Covid-19. Wabah virus Corona juga membuat seluruh laga timnas Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2022 ditunda.

[Gambas:Video CNN]

(jal/jun)