Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Resmi Ditunda

CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2020 15:44 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang rencananya digelar pada Oktober dan November resmi ditunda karena pandemi virus corona. Ilustrasi latihan Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang rencananya digelar pada Oktober dan November resmi ditunda karena pandemi virus corona. Sisa laga kualifikasi dijadwal ulang ke tahun 2021.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengambil langkah ini bersama FIFA. Keputusan ini diambil karena pandemi virus corona yang belum menunjukkan tanda-tanda akan selesai dalam waktu dekat.

Sisa pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 semula akan digelar pada Juni dan Juli. Namun, jadwal itu kemudian diundur Oktober dan November lantaran pandemi virus corona. 


Namun, menggelar pertandingan di bulan Oktober dan November juga dianggap AFC dan FIFA belum memungkinkan. Alhasil, sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang juga menjadi Kualifikasi Piala Asia 2023 itu diputuskan mundur ke tahun 2021.

"Mengingat situasi karena pandemi covid-19 di banyak negara, FIFA dan AFC bersama-sama memutuskan bahwa pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA Qatar 2022 dan Piala Asia China 2023, yang semula dijadwalkan berlangsung pada bulan Oktober dan November 2020, akan dijadwal ulang menjadi 2021," demikian pernyataan AFC pada Rabu (12/8).

Dalam pernyataannya itu, FIFA dan AFC juga menyatakan akan terus memonitor situasi di kawasan Asia dan memutuskan jadwal baru untuk babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023. Pengumuman jadwal baru kualifikasi akan diumumkan kemudian.

Berdasarkan jadwal sebelumnya, Timnas Indonesia rencananya akan menghadapi Thailand (8 Oktober), Uni Emirat Arab (13 Oktober), dan Vietnam pada 12 November.

Skuad asuhan Shin Tae Yong sendiri hanya menjalani laga formalitas di tiga laga sisa. Tim Merah Putih tersingkir dari persaingan karena belum meraih satu poin pun dari lima pertandingan.

(nva)

[Gambas:Video CNN]