ANALISIS

Jiwa Besar Klub Liga 1 di Kondisi Serba Salah Piala Menpora

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Kamis, 25/02/2021 12:55 WIB
Dengan persiapan yang mepet, dibutuhkan kerelaan dan jiwa besar klub Liga 1 untuk menerima dan menjalani Piala Menpora 2021. Persib sempat minta Piala Menpora 2021 diundur. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Di sisi lain izin dari kepolisian untuk menggelar Piala Menpora 2021 salah satunya juga sebagai persiapan awal menuju Liga 1 2021 yang rencananya digelar setelah lebaran atau Juni mendatang. Melalui Piala Menpora 2021, PSSI, LIB dan kepolisian sekaligus melakukan uji coba penerapan standar operasional prosedur (SOP) dari protokol kesehatan yang telah disepakati.

Dalam poin keempat salinan rekomendasi izin dari pihak kepolisian yang secara resmi dikeluarkan Kamis (18/2), disebutkan penanggung jawab yakni LIB wajib menaati ketentuan yang telah disepakati. Terdapat lima poin kesepakatan soal tanggung jawab LIB atas keberlangsungan Piala Menpora 2021.

Pertama, menjaga keamanan dan ketertiban di dalam kegiatan. Kedua, mencegah bilamana terindikasi terjadi penyimpangan dari tujuan kegiatan yang telah dinyatakan tertulis dalam sutat pernyataan permohonan izin.


Ketiga, dalam waktu 3x24 jam sebelum kegiatan dilaksanakan, melaporkan pada kepolisian setempat. Keempat, menaati ketentuan-ketentuan lain yang diberikan oleh pejabat setempat berhubungan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan dan kelima menaati peraturan dan protokol penanganan Covid-19 yang ditetapkan oleh aparat di daerah setempat.

Kusnaeni juga memaklumi keputusan pihak kepolisian untuk tidak sekaligus memberikan izin pramusim dan kompetisi secara bersamaan. Kusnaeni memaklumi sikap polisi karena menganggap tingkat kepatuhan masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 masih rendah yang dibuktikan dengan jumlah kasus positif yang tak kunjung menurun.

"Kalau tidak ada test case melalui Piala Menpora, polisi akan ragu terus untuk mengeluarkan izin. Jadi ini hal yang lumrah. Terpenting izin dimanfaatkan dengan baik oleh semua pihak untuk menunjukkan bahwa protokol kesehatan yang dibuat sudah siap."

[Gambas:Video CNN]

"Bahwa federasi siap dengan protokol kesehatan selama pandemi sesuai standar FIFA yang telah dibuat PSSI. Tidak cuma suporter yang harus siap menjalankan prokes, tapi PSSI juga harus siap menyiapkan prokesnya. Bagaimana PSSI dan LIB meyakinkan, merangkul dan membuat regulasi supaya supprter bisa menunjukan dukungan mereka tanpa melanggar prokes," tegas Kusnaeni.

Baik PSSI, LIB maupun Kemenpora sudah menegaskan gelaran Piala Menpora 2021 akan berlangsung tanpa penonton maupun suporter. Suporter juga dilarang keras berada di dekat area stadion dan menggelar nonton bareng (nobar).

Pihak kepolisian dalam rekomendasi izinya menyebut tidak segan-segan untuk mencabut izin pramusim dan akan mempertimbangkan kembali untuk memgeluarkan izin Liga 1 2021 jika terjadi pelanggaran protokol kesehatan di gelaran Piala Menpora 2021.

Untuk itu, PSSI dan LIB memberikan kelonggaran-kelonggaran atau kompromi dalam regulasi Piala Menpora 2021 di tengah keterbatasan dan tidak idealnya turnamen pramusim di masa pandemi Covid-19. Misalnya, untuk pemain asing di Piala Menpora juga tidak perlu menggunakan KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara), tapi hanya perlu VKO atau Visa Kunjungan Khusus serta dalam pembagian grup di mana klub tuan rumah tidak akan tampil di kandang.

(har)
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK