3 Kelemahan Timnas U-23 Jelang Lawan Australia

CNN Indonesia
Kamis, 28 Oct 2021 11:47 WIB
Timnas U-23 harus membenahi tiga kelemahan jelang lawan Australia U-23 pada leg kedua pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, Jumat (29/10). Pemain Timnas Indonesia U-23 Witan Sulaeman harus berani pegang bola di leg kedua melawan Australia U-23. (DOK PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Australia U-23 pada leg kedua pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 di Stadion Republican Center, Dushanbe, Jumat (29/10). Berikut tiga kelemahan Timnas U-23 jelang lawan Australia di leg kedua.

Timnas Indonesia U-23 harus mengakui kemenangan Australia U-23 pada leg pertama Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Garuda Muda kalah dengan skor 2-3.

Dalam pertandingan yang digelar Selasa (26/10) lalu itu, Australia tampil mendominasi sejak awal laga dengan mengambil alih penguasaan bola.


Australia membuka keunggulan 1-0 pada menit ke-54 lewat Marc Tokich. Tokich sukses menyundul bola hasil umpan tendangan bebas yang dilepaskan oleh Lachlan Brook.

Patrick Wood berhasil menambah keunggulan Australia menjadi 2-0 pada menit ke-60. Wood dengan mudah menceploskan bola ke gawang Indonesia setelah menerima operan dari Alessandro Lopane.

Kemudian Timnas U-23 mampu memperkecil kedudukan menjadi 1-2 lewat Witan Sulaeman pada menit ke-47.

Pemain Lechia Gdansk itu melepaskan tendangan dengan kaki kiri dari luar kotak penalti yang meluncur deras ke pojok kanan atas gawang Australia.

Namun, Australia mampu mencetak gol tambahan sekaligus mengubah kedudukan menjadi 3-1 lewat Jacob Italiano. 

Italiano melakukan aksi individu melewati sejumlah pemain yang dilanjutkan dengan tendangan keras yang merobek gawang Ernando Ari.


Timnas U-23 kembali mampu memperkecil kedudukan menjadi 2-3 melalui gol Taufik Hidayat pada menit ke-85. Striker Persija Jakarta itu dengan mudah menceploskan bola setelah menerima umpan dari Gunansar Mandowen.

Meski kalah 2-3, Timnas U-23 masih punya kesempatan untuk mengalahkan Australia di leg kedua dan merebut tiket lolos ke Piala Asia U-23.

Namun, Timnas U-23 perlu melakukan evaluasi terkait beberapa kelemahan yang terlihat di leg pertama. Berikut 3 kelemahan Timnas U-23 yang perlu dibenahi jelang lawan Australia di leg kedua:

Banner Live Streaming MotoGP 2021

1. Kurang Berani Pegang Bola

Pada leg pertama, Timnas U-23 kurang berani memegang bola, khususnya di lini tengah permainan yang menjadi posisi vital dalam membangun pola serangan.

Dalam pertandingan tersebut Australia U-23 yang justru mampu menguasai bola dengan catatan 78 persen penguasaan bola.

Keunggulan penguasaan bola itu mampu dimanfaatkan Australia untuk terus menekan Indonesia.

Sebaliknya, ketiadaan pemain tengah yang bisa memegang bola dan mengatur ritme permainan membuat Garuda Muda kesulitan membangun pola permainan dan serangan.

Bersambung ke halaman berikutnya..

Pertahanan Lemah, Lini Belakang Timnas U-23 Masih Kedodoran

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER