ANALISIS

Chelsea yang Serbasalah Lawan Man City

Surya Sumirat | CNN Indonesia
Sabtu, 15 Jan 2022 08:40 WIB
Chelsea dalam situasi sulit pada pekan ini karena harus berhadapan dengan Manchester City pada matchday ke-22 Liga Inggris di Stadion Etihad, Sabtu (15/1). Man City jadi lawan berat bagi Chelsea. (AP/Laurence Griffiths)
Jakarta, CNN Indonesia --

Chelsea dalam situasi sulit pada pekan ini karena harus berhadapan dengan Manchester City pada matchday ke-22 Liga Inggris di Stadion Etihad, Sabtu (15/1).

Melawan Man City yang kini di puncak klasemen Premier League bukan perkara mudah bagi The Blues. Tim asuhan Thomas Tuchel itu memiliki sekelumit masalah internal dan sedang tidak konsisten di Liga Inggris.

Sebelum melawan juara bertahan, Chelsea hanya sekali menang di Liga Inggris dalam lima pertandingan terakhir. Atau dalam lima laga belakangan di semua ajang, Chelsea juga belum menang di Premier League. Tiga kemenangan yang mereka raih dalam lima laga terakhir hanya di Piala Liga Inggris dan Piala FA.


Chelsea tidak sedang baik-baik saja saat ini. Setelah kalah 2-3 dari West Ham United dalam Derbi London pada awal Desember, Thiago Silva dan kawan-kawan seperti limbung. Dalam enam pertandingan berikutnya, Chelsea hanya menang dua kali dan empat kali imbang.

Kekalahan dari West Ham itu jadi masalah besar bagi klub asal London tersebut. Akibat hasil buruk itu mereka kehilangan tempat di posisi puncak klasemen yang direbut Man City.

Sayangnya juara Liga Champions musim lalu itu seperti sulit bangkit setelah dipermalukan West Ham. Lima pekan Chelsea di peringkat ketiga sebelum naik ke posisi kedua setelah membungkam Aston Villa 3-1.

Soccer Football - Premier League - Chelsea v Manchester City - Stamford Bridge, London, Britain - September 25, 2021 Manchester City's Rodri in action with Chelsea's Romelu Lukaku Action Images via Reuters/John Sibley EDITORIAL USE ONLY. No use with unauthorized audio, video, data, fixture lists, club/league logos or 'live' services. Online in-match use limited to 75 images, no video emulation. No use in betting, games or single club /league/player publications.  Please contact your account representative for further details.Man City sedang perkasa, sedangkan Chelsea tengah limbung. (Action Images via Reuters/JOHN SIBLEY)

Hanya saja kemenangan itu belum cukup bagi Chelsea dalam memberikan perlawanan kepada Man City. Sebaliknya, tim asuhan Pep Guardiola itu makin menjauh dari kejaran Chelsea.

Kini, meski hanya terpisah satu baris di klasemen, namun jarak keunggulan Man City dengan Chelsea terpaut 10 poin.

Chelsea dan Man City sama-sama di papan atas, tetapi kondisi kedua tim jauh berbeda. Saat ini Chelsea tengah limbung, sedangkan The Citizens konsisten dengan penampilan terbaik mereka.

Selain limbung, Thomas Tuchel juga harus menghadapi peliknya situasi internal akibat ulah striker Romelu Lukaku.

Banner Testimoni

Kasus Lukaku itu mengganggu Chelsea. Setelah ramai pernyataan mantan pemain Inter Milan itu, Chelsea gagal menang lawan Liverpool usai bermain imbang 1-1. Duel itu jadi kesempatan bagi Chelsea, tetapi mereka tidak bisa memanfaatkan momentum tersebut.

Sementara itu, di Liga Inggris, Man City selalu menang dalam 11 pertandingan terakhir. Tanpa memiliki striker andalan tidak menghalangi Manchester Biru dalam membombardir gawang lawan.

Tim asuhan Pep Guardiola itu jadi yang paling produktif di Liga Inggris saat ini, unggul tipis atas Liverpool.

Sebanyak 42 dari total 53 gol Man City di Liga Inggris saat ini dicetak para gelandang dan winger mereka. Hanya Gabriel Jesus penyerang Man City yang baru mencetak gol di Liga Inggris, itu pun cuma dua gol.

Untuk bisa bersaing dalam perebutan gelar juara Liga Inggris, Chelsea wajib menang atas Chelsea. Jika gagal menang, mereka bisa makin terpuruk.

Pasalnya, di bawah Chelsea, Liverpool mengintai posisi mereka. The Reds hanya akan melawan Brentford yang kini di peringkat ke-13.

Kemenangan bisa jadi bukan perkara sulit bagi Liverpool. Dengan begitu, peluang naik peringkat sekaligus menggusur Chelsea terbuka lebar.

Kesulitan ada pada Chelsea. Chelsea harus menang tetapi dalam kondisi tim yang tidak ideal bagi mereka melawan tim yang perkasa seperti Man City.

Baca kelanjutan berita ini pada halaman berikutnya>>>

Man City Harus Waspada Potensi Chelsea

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER