ANALISIS

Final Thomas Cup: Indonesia Mengingat Kenangan yang Masih Hangat

Putra Permata Tegar Idaman | CNN Indonesia
Minggu, 15 Mei 2022 07:35 WIB
Indonesia akan menghadapi India di final Thomas Cup 2022. Lawan di final ini boleh dibilang kejutan namun tak sepatutnya hal itu malah jadi beban tambahan. Jonatan Christie dan kawan-kawan harus bisa memaksimalkan pengalaman main di final Thomas Cup yang penuh tekanan. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia akan menghadapi India di final Thomas Cup 2022. Lawan di final ini boleh dibilang kejutan namun tak sepatutnya hal itu malah jadi beban tambahan.

Indonesia akan menghadapi India di final Piala Thomas. Dibanding nama-nama lain macam Denmark dan Jepang, nama India sebagai lawan di final adalah sebuah kejutan. Nama India bahkan mungkin tidak lebih dijagokan dibanding negara lain macam Malaysia, Taiwan, dan Korea Selatan.

Terlepas dari berbagai kegagalan prediksi umum di awal turnamen, Indonesia sudah tahu jelas bahwa lawan mereka di final Thomas Cup kali ini adalah India. Mereka lolos ke final bukan karena kebetulan, melainkan karena kemampuan.


Karena itu hal pertama yang patut diingat oleh skuad Indonesia jelang final ini adalah tidak boleh menganggap India akan main nothing to lose di final. Menganggap India akan tampil lebih lepas di partai final justru akan menambah berat beban bagi skuad Indonesia.

Dalam olahraga apapun, final adalah tempat yang diimpikan. Karena itu bagi India, keberhasilan lolos ke final Thomas Cup tahun ini adalah kesempatan besar. Bahkan boleh dibilang kesempatan langka lantaran mereka mungkin berpikir belum tentu kembali bisa memilikinya.

Dengan kondisi itu, India juga pasti maju ke final dengan beban besar. Beban ingin mencetak sejarah dan beban ingin menyempurnakan perjalanan fantastis yang telah mereka torehkan sejauh ini.

Berbicara soal final, skuad Indonesia punya kenangan yang masih hangat. Pasalnya, edisi Thomas Cup 2020 sebelumnya berlangsung pada Oktober 2021 lantaran situasi pandemi covid-19. Itu berarti turnamen kali ini dengan edisi sebelumnya hanya berjarak tujuh bulan.

Mengenang suasana tampil di final Thomas Cup bukan berarti belum beranjak dari euforia kemenangan di tahun lalu yang malah bisa melenakan.

Banner live streaming MotoGP 2022

Mengenang suasana final Thomas Cup 2020 berarti pemain-pemain yang ada dalam skuad Indonesia kali ini sadar bahwa mereka sudah pernah menghadapi situasi penuh ketegangan dan telah paham cara keluar dari tekanan.

Baca lanjutan berita ini di halaman berikut >>>

Meredam Kejutan India

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER