Jelang Piala AFF 2022 Thailand Gelar King's Cup

tim | CNN Indonesia
Jumat, 12 Agu 2022 16:24 WIB
Thailand mengundang tiga negara yakni Malaysia, Tajikistan, dan Trinidad & Tobago untuk bermain di turnamen King's Cup 2022 yang digelar 20-26 September. Timnas Thailand turun di turnamen King's Cup 2022 (Foto: AFP/Roslan Rahman)
Jakarta, CNN Indonesia --

Untuk mengisi FIFA Matchday periode September, Thailand menggelar King's Cup 2022 dan mengundang tiga negara sebagai kontestan.

Federasi sepak bola Thailand (FAT) telah mengumumkan secara resmi bahwa King's Cup akan diikuti Thailand, Malaysia, Tajikistan, dan Trinidad & Tobago. Turnamen ini akan berlangsung pada 20-26 September 2022.

Turnamen ini akan berlangsung di Chiang Mai. Untuk jadwal pertandingan masih dimatangkan. Namun, FAT memastikan bahwa tiga tim yang diundang telah menyatakan kesediaan ambil bagian.

Sekretaris Jenderal FAT, Patit Suthaphong mengatakan turnamen ini sebagai sarana Thailand untuk memperbaiki ranking FIFA. Ini sekaligus menjadi persiapan menuju Piala AFF 2022 pada Desember 2022-Januari 2023.

"Kami mengundang tiga negara ini, karena akan berpengaruh pada ranking FIFA. Ini sekaligus jadi persiapan tim agar bisa lolos final Piala Dunia 2026," kata Suphaphong dilansir dari Siamsport.

Thailand sangat berhasrat memperbaiki peringkat di FIFA agar jalan menuju Kualifikasi Piala Dunia 2026 terbuka. Pasalnya, hanya 25 negara terbaik AFC yang akan tampil di kualifikasi pertama.

Malaysia's Kogileswaran Raj Mohana Raj (3R) celebrates with teammates after scoring a goal during the AFF Suzuki Cup 2020 Group B football match between Malaysia and Indonesia at the National Stadium in Singapore on December 19, 2021. (Photo by Roslan RAHMAN / AFP)Para pemain Timnas Malaysia. (Foto: Roslan Rahman / AFP)

Diketahui saat ini Thailand menempati peringkat ke-111, sedangkan Malaysia ke-147, Tajikistan ke-108, dan Trinidad & Tobago ke-101. Lawan yang diundang diyakini bisa memberi dampak positif.

Pelatih Malaysia, Kim Pan Gon sangat senang dengan undangan Thailand ini. Sama seperti Thailand, ini bisa dimanfaatkan untuk terus memperbaiki peringkat dan permainan tim.

Pada saat yang sama, Vietnam menggelar turnamen segitiga dengan melibatkan Singapura dan India. Saat ini India menempati peringkat ke-107 FIFA, sedangkan Singapura ke-160.

Adapun Timnas Indonesia sejauh ini baru memastikan uji coba melawan Curacao. Uji coba ini akan berlangsung di Indonesia. Satu lawan tanding lainnya kemungkinan adalah Hong Kong.



(abs/wiw)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER