ANALISIS

Mencari 'Kartu AS' Baru di Indonesia vs Curacao

M. Ikhwanuddin | CNN Indonesia
Jumat, 23 Sep 2022 07:20 WIB
Timnas Indonesia butuh sosok 'Kartu AS' untuk menghadapi Curacao dalam dua pertandingan agenda FIFA Matchday. Marselino Ferdinan bisa menjadi Kartu AS baru Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/MOCH ASIM)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Indonesia butuh sosok 'Kartu AS' untuk menghadapi Curacao dalam dua pertandingan agenda FIFA Matchday, 24 dan 27 September mendatang.

Sebanyak 23 pemain dipanggil Shin Tae Yong jelang lawan Curacao. Aroma jiwa muda begitu pekat di Skuad Garuda racikan juru taktik asal Korea Selatan itu.

Hanya Fachrudin Aryanto yang menjadi pemain di atas 30 tahun dari daftar panggil STY di FIFA Matchday kali ini. Sementara 22 pemain lainnya belum menginjak 'kepala tiga'.

Rata-rata usia pemain Timnas Indonesia untuk melawan Curacao hanya 21,9 tahun. Ini menjadi salah satu poin menarik tersendiri karena sebelumnya skuad senior biasa diisi pemain di atas 22 tahun.

Shin Tae Yong tentu punya alasan kuat dengan ramuan skuad senior beraroma junior dalam agenda penting. Sebab hal itu bukan yang pertama dilakukan selama STY menangani Timnas Indonesia.

Berkaca di Piala AFF 2020, Shin Tae Yong mengandalkan banyak pemain muda yang sebelumnya minim pengalaman internasional. STY juga memanggil pemain veteran Victor Igbonefo untuk ikut ke dalam tim utama.

Banner live streaming MotoGP 2022

Pemain yang sudah berumur efektif sebagai teladan di dalam tim. STY sadar pemain muda akan mendengarkan petuah dari sosok yang sudah mengantongi segudang pengalaman.

Di saat yang sama, STY juga memanfaatkan pemain langganan yang biasa mengisi Timnas Indonesia di berbagai kelompok usia seperti Evan Dimas Darmono, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, dan Witan Sulaeman.

Racikan STY cukup memuaskan dengan finis sebagai runner-up. Ini mengisyaratkan susunan skuad buah karya STY bukan hanya sekadar coba-coba tanpa hasil.

Kini Shin Tae Yong mempromosikan dua penggawa Timnas Indonesia U-20 Muhammad Ferrari dan Marselino Ferdinan ke tim senior. Penunjukan kedua pemuda itu menjadi penegas STY ingin terus melakukan regenerasi di tubuh timnya.

Selain itu STY memanggil Ramadhan Sananta, penyerang muda PSM Makassar yang sedang gacor di Liga 1.

Bersambung ke halaman kedua >>>

Yang Muda Bisa Jadi Andalan Timnas Indonesia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER