Review Aplikasi

Berwisata Makin Seru dengan Logbook Travel

Gito Yudha Pratomo , CNN Indonesia | Rabu, 06/08/2014 14:08 WIB
Berwisata Makin Seru dengan Logbook Travel
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketika ingin berwisata, ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan. Mulai dari menentukan tempat, akomodasi, hingga perencanaan anggaran yang akan dikeluarkan.

Bukan hal sulit memang, tapi terkadang cukup merepotkan jika referensi yang didapat minim. Nah, hal inilah yang coba dihilangkan dengan aplikasi Logbook Travel. Aplikasi yang dikembangkan oleh developer lokal ini memuat banyak rujukan tempat wisata di Indonesia.

Selain itu ada pula informasi soal perencanaan biaya transportasi, tempat makan, hingga tempat atau titik tertentu yang menarik untuk diabadikan selama perjalanan.

Aplikasi ini hadir dan dapat dijalankan pada dua sistem operasi mobile, iOS dan Android. Untuk Android, versi minimum agar aplikasi ini dapat dijalankan adalah 3.0 (Honeycomb) sedangkan agar dapat digunakan pada iOS dibutuhkan iOS 5.0.0



Tampilan utama dalam aplikasi ini terlihat menarik dan tidak kalah dari aplikasi lain buatan luar seperti Path atau Instagram. Memang, salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah konten. Konsep yang dimuat dalam aplikasi ini adalah microblog seperti media sosial yang umum digunakan masyarakat. Pengguna bisa saling berinteraksi dengan memberikan komentar, masukkan ke wishlist dan masih banyak lagi.

Konten dalam aplikasi ini berupa User Generated Content (UGC) sehingga pengguna memiliki gambaran nyata dan objektif dari detail perjalanan. Detail pengeluaran biaya transportasi, makan, tempat makan dapat dilihat secara jelas.

Berdasarkan review pengguna dari Google Play Store, aplikasi ini mendapat banyak sambutan baik, meskipun beberapa dari mereka masih mengeluhkan adanya bug untuk beberapa jenis ponsel.

Aplikasi ini mendapatkan rating empat bintang dari pengguna Android dan mendapatkan lima bintang dari pengguna iOS bahkan, aplikasi ini direkomendasikan oleh Barry Kusuma, seorang travel photographer profesional.

Memang, aplikasi ini terhitung cukup ringan karena ukurannya yang hanya sebesar 11 MB untuk Android dan 8,3 MB untuk iOS. Selain sistem operasi yang sesuai, dibutuhkan koneksi internet untuk menjalankan aplikasi ini. Koneksi yang dibutuhkan tidak terlalu membebani. Bahkan meskipun menggunakan koneksi EDGE, aplikasi ini akan tetap dapat terbuka dan digunakan.

Selain tampilan, keunggulan dari aplikasi ini adalah fitur news dan timeline yang memungkinkan pengguna secara langsung mendapatkan informasi mengenai perjalanan wisata yang baru saja dilakukan oleh pengguna lain.

Tercatat tidak kurang dari 5 ribu unduhan untuk aplikasi ini di Google Play Store dan Apple Appstore. Saat ini versi yang tersedia di Google Play adalah versi 1.0.8 yang baru saja diluncurkan pada bulan Juli lalu. Sedangkan untuk versi di Appstore, tersedia versi 1.3.1 yang dapat diunduh.