Facebook Messenger Kini Bisa Kirim Uang

Aditya Panji, CNN Indonesia | Rabu, 18/03/2015 11:30 WIB
Facebook Messenger Kini Bisa Kirim Uang Facebook semakin menunjukkan keseriusannya dalam bisnis pembayaran online. (CNN Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jejaring sosial Facebook berkata akan menambahkan fitur baru untuk aplikasi Messenger yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima uang secara elektronik.

Jika hendak mengirim uang, pengguna dapat mengetuk tombol ikon Dollar di menu aplikasi. Sebelumnya, pengguna harus memasukkan informasi kartu kredit dari Visa dan MasterCard.

Baca juga: Facebook Akuisisi Aplikasi Mesin Pencari


Dalam siaran pers di situs resmi Facebook, perusahaan berkata bahwa layanan ini akan diluncurkan di Amerika Serikat dalam beberapa bulan ke depan melalui komputer pribadi atau perangkat mobile Android dan iOS.

Untuk memberi jaminan keamanan, Facebook akan memberikan PIN kepada pengguna atau bisa pula memanfaatkan Touch ID bagi pengguna iPhone 5s atau iPhone 6.

Sejumlah perusahaan Internet mulai memperluas bisnis pada layanan pembayaran online. Pada November lalu, aplikasi pesan instan Snapchat juga memperkenalkan layanan serupa yang disebut Snapcash.

Snapchat bermitra dengan perusahaan pembayaran online Square untuk menghubungkan Snapcash dengan nomor kartu kredit dan mengirim uang ke kontak yang ada di buku telepon.

Di Indonesia, pesan instan BlackBerry Messenger bisa dimanfaatkan sebagai alat pengirim dan penerima uang dengan aplikasi BBM Money sejak Februari 2013. Di sini, BlackBerry bekerjasama dengan sejumlah mitra lokal seperti Agit Monitise Indonesia selaku pengembang aplikasi, kemudian diterbitkan dan dikelola oleh Permata Bank. (adt/eno)