Ditemukan, Nenek Moyang Buaya yang Berjalan Tegak

Aditya Panji, CNN Indonesia | Sabtu, 21/03/2015 09:06 WIB
Ditemukan, Nenek Moyang Buaya yang Berjalan Tegak Rekonstruksi bentuk Carnufex carolinensis. (Dok. Jorge Gonzales)
Jakarta, CNN Indonesia -- Fosil Carnufex carolinensis atau "Carolina Butcher" telah ditemukan sepuluh tahun lalu. Tetapi baru sekarang lah, bentuk Carnufex ini dipelajari lebih lanjut dan diketahui mungkin bentuknya mirip seperti buaya yang bisa berdiri.

Carnufex memiliki panjang 9 kaki yang mirip seperti buaya dan bisa berjalan dengan kaki belakang. Para peneliti menduga buaya prasejarah ini mengisi posisi puncak predator di Amerika Utara dengan memangsa reptil yang lebih kecil atau mamalia.

Para peneliti sejatinya telah menemukan fosil Carnufex satu dekade lalu di Pekin Formation, Chatham County, North Carolina. Mereka menyimpan di North Carolina Museum of Natural Sciences.


Baru-baru ini, para peneliti dari North Carolina State University kembali berkonsentrasi memelajari Carnufex. Dari situ lah mereka sadar bahwa sedang melihat spesies baru dan hasil penelitiannya telah dipublikasi di situs resmi universitas.

Untuk mendapatkan gambaran detail tentang bentuk tengkorak Carnufex, para peneliti mengamati setiap tulang dengan teknologi pencitraan dan pemindai terbaru beresolusi tinggi.

"Tengkorak moncong Carnufex berbentuk panjang dan ramping dengan puluhan gigi seperti pisau," kata Lindsay Zanno, asisten profesor di North Carolina State University dan penulis utama penelitian ini. "Untuk semua tujuan praktis, ini adalah binatang yang beradaptasi dan terampil mengiris daging dari tulang mangsa."

Para peneliti menduga Carnufex hidup pada periode akhir Triassic sebelum masa kepunahan dinosaurus terjadi.