NASA Bentuk Tim Pemburu Alien

Trisno Heriyanto, CNN Indonesia | Jumat, 24/04/2015 13:58 WIB
NASA Bentuk Tim Pemburu Alien Ilustrasi (Dok. Fergregory)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan antariksa Amerika Serikat membentuk tim khusus yang ditugaskan untuk mencari kehidupan di luar planet Bumi.

Tim tersebut bernama Nexus for Exoplanet System Science (NExSS), dan kebanyakan personilnya adalah para ilmuwan dari Goddard Institute for Space Studies (GISS). Sebelum dibentuk para ilmuwan ini sudah lebih dulu membuat model iklim Bumi sebagai modal mencari planet lain yang memiliki iklim serupa.

Selain itu ilmuwan lain yang tergabung dalam tim tersebut adalah mereka yang ahli ilmu bumi, ilmuwan planet, fisikawan, dan astrofisikawan.
"Tim terdiri dari ilmuwan terbaik dan akan berusaha mencari tanda kehidupan di luar Bumi," kata Jim Green, direktur ilmu planet NASA yang juga memimpin tim tersebut.


Optimisme NASA terhadap kehidupan lain di luar Bumi memang sudah terlihat cukup lama, dan semakin kentara setelah kepala ilmuwan NASA, Ellen Stofan punya teknologi untuk mulai mencari alien.

"Saya percaya kita akan menemukan indikasi kuat kehidupan di luar Bumi dalam beberapa dekade berikutnya. Kami punya teknologi untuk mencarinya, dan tahu di mana harus mulai mencari,” katanya beberapa pekan lalu.

Tim NExSS rencananya akan mulai melakukan pencarian berdasarkan sistem yang sudah mereka buat di Bumi. Masing-masing orang akan fokus melakukan pencarian sesuai dengan keahliannya.

NASA berharap tim yang terdiri dari berbagai ilmuwan itu dapat bekerja sama, dan meraih tujuan utama NexSS yakni menemukan kehidupan lain di luar Bumi.

"Ini adalah upaya menggabungkan para peneliti terbaik untuk melakukan pencarian planet-planet dengan potensi kehidupan terbesar," tambah Green pada situs NASA yang dikutip CNN Indonesia, Jumat (24/4).

Tim pemburu alien NASA dijadwalkan mulai melakukan pencarian pada 2017 mendatang.

(eno)