Airbus akan Gencar Berinvestasi di Perusahaan Digital

Aditya Panji, CNN Indonesia | Minggu, 31/05/2015 13:32 WIB
Airbus akan Gencar Berinvestasi di Perusahaan Digital Produsen pesawat Airbus membentuk perusahaan modal ventura Airbus Group Ventures untuk berinvestasi di perusahaan rintisan yang bergerak di bidang digital. (REUTERS/Regis Duvignau)
Jakarta, CNN Indonesia -- Produsen pesawat Airbus membentuk perusahaan modal ventura dengan menganggarkan biaya US$ 150 juta untuk berinvestasi di perusahaan digital. Airbus telah menunjuk sejumlah orang ternama yang punya pengalaman panjang di dunia investasi digital untuk menjalankan perusahaan yang diberi nama Airbus Group Ventures tersebut.

Airbus Group Venture akan berbasis di California, tempat perusahaan digital Amerika Serikat banyak tumbuh. Tim Dombrowski (54 tahun) akan menjalankan perusahaan ini. Ia adalah mantan eksekutif di perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz.

Ada pula nama Paul Eremenko (35 tahun), seorang eksekutif Google yang sebelumnya menjalankan proyek ponsel pintar rakitan di Google.


CEO Airbus Group, Tom Enders mengatakan, perusahaan ini tidak boleh ketinggalan dalam revolusi digital. Menurutnya, industri penerbangan harus bekerja lebih erat dengan perusahaan yang memiliki teknologi tinggi.

Enders menginginkan Airbus bisa bertindak, "lebih cepat dan memiliki lebih banyak keberanian." Seperti dikutip dari Reuters, Jumat (29/5), perusahaan penerbangan tidak hanya memikirkan teknologi peranti keras, tetapi juga peranti lunak. (adt/adt)