Alfamart Berencana Bikin Situs Marketplace

Aditya Panji, CNN Indonesia | Selasa, 08/03/2016 09:53 WIB
Alfamart Berencana Bikin Situs Marketplace (CNN Indonesia/Gentur Putro Jati))
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan ritel Alfamart telah membangun situs web perdagangan elektronik dengan nama Alfaonline. Tetapi perusahaan tak puas dengan itu karena berencana membangun model bisnis lain.

Direktur Teknologi Informasi Alfamart, Hirawan Setiadi, menggarisbawahi pihaknya tak hanya mentok dengan produk Alfaonline. “Kami juga sedang menjajaki untuk membangun marketplace,” kata Himawan usai jumpa pers kerja sama XL-Alfamart di Jakarta, Senin (7/3).

Himawan belum bisa memastikan kapan situs Alfamart untuk markeplace itu bakal dirilis ke publik dan ia belum mau bicara banyak detail soal itu.


Marketplace merupakan model bisnis perdagangan elektronik (e-commerce) yang memungkinkan pengguna menjual barang dan pembeli memesan barang di platform itu. Platform e-commerce memfasilitasi pemesanan, transaksi, sampai pengiriman.

Saat ini Alfamart sedang memperkuat bisnisnya dari sisi infrastruktur, termasuk infrastruktur teknologi informasi yang bakal dimanfaatkan untuk platform e-commerce.

Dari total belanja modal perusahaan selama 2015 sampai 2017, sebanyak 20 persen dialokasikan untuk perbaikan infrastruktur teknologi informasi.

(adt)