Android N 'Setengah Matang' Bisa Bikin Bencana

Aqmal Maulana, CNN Indonesia | Senin, 14/03/2016 12:39 WIB
Android N 'Setengah Matang' Bisa Bikin Bencana Foto: Justin Sullivan
Jakarta, CNN Indonesia -- Google belum lama ini merilis Android N versi Developer Preview untuk sejumlah perangkat Nexus melalui metode Over-the-Air (OTA) sehingga pengguna bisa langsung melakukan update dari perangkatnya tanpa harus terhubung ke komputer. Sangat mudah bukan?

Namun di balik kemudahannya, metode ini juga bisa jadi bencana tersendiri untuk pengguna Android N Developer Preview. Dikutip dari Android Central, beberapa orang yang sudah melakukan update, tidak mendapatkan notifikasi update OTA untuk kembali lagi ke sistem operasi sebelumnya. Ada juga yang mendapatkannya, namun malah merusak sistem operasi yang ada.

Parahnya lagi, pengguna tak bisa melakukan flashing ataupun membuka bootloader. Sebenarnya, hal ini tak harus terjadi jika pengguna membuka bootloader terlebih dahulu sebelum melakukan update.


Untungnya, masalah yang disebabkan oleh bootloader yang terkunci ini bisa diatasi dengan menggunakan metode Sideload OTA.

Pengguna tinggal mengunduh file image melalui website resmi Developer Android, lalu masuk ke dalam mode recovery, pilih ADB Sideload, dan koneksikan perangkat Nexus ke komputer. Setelah itu, masukkan perintah "adb sideload ".

Namun sebelum melakukan hal tersebut, pastikan Android Development Environment dan driver Android Debug Bridge (ADB) sudah terpasang pada komputer.

Berbeda dengan versi final atau stable, developer preview masih memiliki banyak bug dan berbagai kekurangan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menggunakannya, ada baiknya pengguna melakukan sejumlah persiapan yang matang.

(eno)


BACA JUGA