Semakin Pintar, Windows 10 Bisa Kunci Laptop Sendiri

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Minggu, 22/01/2017 16:20 WIB
Semakin Pintar, Windows 10 Bisa Kunci Laptop Sendiri Ilustrasi laptop yang berjalan di sistem operasi Windows 10 (REUTERS/Robert Galbraith)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan teknologi Microsoft sedang dalam proses mengembangkan fitur sistem operasi Windows 10 agar semakin pintar. Kemampuan baru apa yang akan disematkan?

Selama ini pengguna menggunakan kombinasi winkey+L untuk mengunci perangkat yang sedang digunakan ketika mereka istirahat sejenak.

Dari laporan Windows Central, Microsoft sedang mengembangkan fitur bernama Dynamic Lock yang memungkinkan Windows 10 secara otomatis mengunci dan mengamankan perangkat komputer PC atau laptop jika pengguna sedang menjauh.


Dengan kata lain, Windows 10 akan dilengkapi oleh kemampuan khusus yang bisa mendeteksi jika si pengguna bergerak menjauh dari perangkat laptopnya.

Pengembangan fitur ini memang masih belum ada penjelasan lebih rincinya tentang bagaimana peranti lunak bikinannya bisa mendeteksi gerak-gerik si pengguna.

Yang jelas Microsoft selama ini memiliki kamera Windows Hello yang bisa digunakan untuk membuka alias login ke dalam perangkat laptop atau PC dengan teknologi pemindai wajah.

Situs The Verge menyebut, Microsoft tampaknya akan merancang fitur anyar ini sesederhana mungkin dari segi pengaturan sehingga penggunaannya bisa sangat mudah.

Fitur Dynamic Lock ini akan menjadi bagian dari Windows 10 Creators Update dan disebut-sebut siap diperkenalkan pada April mendatang.