Bukalapak: Investasi Emas Lebih Dikenal dari Reksadana

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Rabu, 19/07/2017 17:36 WIB
Bukalapak: Investasi Emas Lebih Dikenal dari Reksadana Bukalapak resmikan layanan investasi <i>online</i> BukaEmas (dok. Kustin Ayuwuragil)
Jakarta, CNN Indonesia -- Zacky membeberkan bahwa produk BukaEmas lebih besar animonya ketimbang reksadana. Ini karena masyarakat lebih familiar dengan jual beli emas ketimbang produk reksa dana.

"Kebanyakan [di] BukaEmas karena orang Indonesia ini lebih familiar dengan emas. Kebayang kalau saya beli emas, kayak dagang. Kalau buka reksa dana itu orang masih nggak ngerti," tutupnya.

Lebih lanjut, Zacky menerangkan bahwa membuka layanan finansial investasi memang masih penuh tangangan. Layanan seperti BukaReksa dan BukaEmas menantang karena pasar di Indonesia untuk kedua layanan finansial tersebut dinilai belum berkembang dan masih memerlukan banyak edukasi.



"Tantangannya marketnya belum well-developed, tapi justru kita melihat ini peluangnya. cepetan diedukasi cepetan digarap," pria kelahiran Sragen itu menjelaskan.

BukaLapak memberikan edukasi melalui jalur-jalur offline dan online kepada masyarakat dan UKM. Namun menurut Zacky, jalur online dirasa memberi dampak yang lebih masif.

"Online lebih banyak impact-nya ya karena kalau di online kan masif ya. Kalau offline kan paling satu kali pertemuan begini mungkin seratus orang, tapi emang offline lebih deep. Dua sisi sih," pria berkacamata ini menjelaskan.