UJI PRODUK

Menjajal Kamera Ganda Galaxy J7+ dengan Fitur Ala Note 8

Eka Santhika, CNN Indonesia | Senin, 22/01/2018 12:13 WIB
Samsung memboyong fitur kamera ganda untuk ponsel kelas menengah, Galaxy J7+. Sejauh apa performanya? Samsung Galaxy J7 (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Samsung memperkenalkan ponsel Samsung Galaxy J7+sebagai ponsel kamera ganda keduanya setelah Note 8. Dengan demikian, Samsung turut meramaikan persaingan ponsel kamera ganda di lini ponsel kelas menengah.

Samsung J7+ sendiri dibanderol Rp4,9 juta mengisi lini ponsel kelas menengah yang ada direntang harga Rp2,6 juta Rp5,3 juta (US$200-US$400). Berselisih harga sedikit, ada Asus Zenfone Zoom S yang juga membawa kamera ganda dengan harga Rp5,9 juta.

Saat ini, Genpro Z menawarkan ponsel dengan kamera ganda termurah, dilego hanya Rp1,8 juta saja. Di kelas ponsel dua jutaan, ada Asus Zenfone 4 Max yang juga menawarkan kamera ganda dengan baterai besar, 4.000mAh. Advan A8 juga ikut meramaikan persaingan ponsel dengan kamera ganda di rentang harga Rp2,999 juta.


Menjajal Kamera Ganda Galaxy J7+ vs Note 8Samsung Galaxy J7+ memiliki kamera ganda di bagian belakang ponsel (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Kamera ganda

Kamera ganda yang tersemat di Samsung J7+ ini menggunakan kamera 13MP dengan sensor RGB dan panjang fokus f/1,7 dan lensa kedua 5MP dengan sensor monokrom f/1,9.

Sementara Samsung Galaxy Note 8 menggunakan dua kamera dengan resolusi masing-masing 12 MP dengan panjang fokus f/1,7 dan f/2,4.

Samsung Note 8 dilego Rp13 juta, sementara J7+ dibanderol Rp5 juta. Dengan perbedaan harga yang cukup jauh ini, kemampuan kamera kedua ponsel ini pun signifikan bedanya.

Warna dari hasil jepretan kamera Note8 tampak lebih cerah, detil, dan tajam. Sementara foto dari jepretan J7+ tampak lebih kusam dan kurang tajam. Kami juga menambahkan hasil foto iPhone 6 sebagai pembanding.

Menjajal Kamera Ganda Galaxy J7+ vs Note 8Hasil foto Samsung Galaxy Note 8 (CNN Indonesia/Eka Santhika)

Menjajal Kamera Ganda Galaxy J7+ vs Note 8Hasil foto Samsung Galaxy J7+ (CNN Indonesia/Eka Santhika)

Menjajal Kamera Ganda Galaxy J7+ vs Note 8Hasil foto iPhone 6 (CNN Indonesia/Eka Santhika)

Selain itu, kedua kamera ini memiliki kekuatan zoom berbeda. Note 8 punya kemampuan perbesaran yang diklaim menggunakan perbesaran lensa dan digital.

Perbesaran lensa Note 8 bisa dilakukan 2x sementara perbesaran digital 10x. Untuk Galaxy J7+ perbesarannya hanya bisa dilakukan hingga 4x.

Efek bokeh yang dihadirkan lewat fitur "Focus Live" bekerja sebaik fitur serupa di Galaxy Note 8. Pengguna bisa menggeser tombol Focus Live untuk menggeser area yang ingin difokuskan, apakah di depan, tengah, atau belakang.

Menjajal Kamera Ganda Galaxy J7+ vs Note 8Fitur Live Focus yang bisa menentukan keburaman yang diinginkan dengan menggeser tombol (CNN Indonesia/Eka Santhika Parwitasari)

Menjajal Kamera Ganda Galaxy J7+ vs Note 8Pengguna bisa menyesuikan tingkat keburaman setelah foto diambil (CNN Indonesia/Eka Santhika)

Menjajal Kamera Ganda Galaxy J7+ vs Note 8Cara menentukan tingkat keburamannya hanya dengan menggeser tombol (CNN Indonesia/Eka Santhika)

Dengan fitur "Focus Live" ini pengguna juga bisa menentukan tingkat keburaman foto setelah pemotretan. Misal bagian yang dibokeh adalah latar foto, pengguna bisa menggeser tombol untuk mengatur seberapa buram bagian yang dibokeh itu.

Soal warna, kamera Galaxy J7 menghasilkan warna yang cenderung biru. Sehingga, hasil foto untuk warna hijau dan biru tampak lebih cemerlang. Sebagai perbandingan adalah hasil jepretan iPhone 6 yang cenderung lebih merah. Hasilnya, jepretan iPhone 6 terasa lebih 'hangat' ketimbang jepretan J7+ yang lebih 'dingin'.

Menjajal Kamera Ganda Galaxy J7+ vs Note 8Hasil foto Samsung Galaxy Note 8(CNN Indonesia/Eka Santhika)

Menjajal Kamera Ganda Galaxy J7+ vs Note 8Hasil foto Samsung Galaxy J7+ (CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)

Menjajal Kamera Ganda Galaxy J7+ vs Note 8Hasil foto iPhone 6 (CNN Indonesia/Eka Santhika)


Menjajal Kamera Ganda Galaxy J7+ vs Note 8Hasil foto saat malam. (CNN Indonesia/Eka Santhika)

Samsung juga menyertakan stiker bawaan di kameranya, sehingga pengguna bisa memotret dengan tambahan gambar-gambar menarik. 

Menjajal Kamera Ganda Galaxy J7+ vs Note 8Fitur stiker di kamera Samsung Galaxy J7+ (CNN Indonesia/Eka Santhika)

Bodi Licin, Rawan Selip

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK