Google Doodle Peringati 'Warga Kanada Terhebat' Hari Ini

Agnes Savithri & sat, CNN Indonesia | Jumat, 26/01/2018 12:45 WIB
Google Doodle Peringati 'Warga Kanada Terhebat' Hari Ini Wilder Penfield merupakan ahli saraf terkenal dari Kanada. Foto: Dok. Google
Jakarta, CNN Indonesia -- Google Doodle kembali muncul menghadirkan sosok terkenal di laman pencariannya. Kali ini Google menampilkan gambar animasi seorang pria, otak, mata dan roti yang terbakar api.

Doodle tersebut menggambarkan sosok Wilder Penfield, ahli bedah saraf terkenal asal Kanada lahir pada tanggal 24 Januari.

Untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-127, Doodle menempatkan desain logo di laman pencariannya hari ini (24/1) dengan hal-hal yang identik dengan Wilder.


Pada desain yang mengambil tema warna cokelat ini, karikatur wajah WIlder menjadi huruf "o" pertama untuk tulisan Google.
Huruf "o" kedua diwakilkan oleh gambar otak yang disertai dengan siluet mata dan hidung di sebelah bawah kanan huruf itu. Untuk huruf "g" kedua, Google menempatkan desain gambar roti yang dipanggang.

Dalam laman Google Doodle, Wilder disebutkan berhasil menemukan memetakan otak dan teknik operasi otak terbaik untuk mengobati penyakit epilepsi.

Tidak heran atas penemuannya ini Wilder sempat dijuluki "warga Kanada paling hebat".

Wilder sendiri memilih jalan untuk menjadi ahli bedah saraf dengan menimba ilmu di Universitas Oxford di Oxford, Inggris serta di Universitas Princeton di Princeton, Amerika.
Setelah selesai dengan pendidikannya, ia kembali ke kampung halaman dan menjadi ahli bedah saraf di Montreal, Kanada. Pada 1934 menjadi tahun pertama berdirinya Montreal Neurological Institute di sana.

Dia mempelajari teknik tentang obat karena meyakini hal itu adalah cara terbaik untuk menjadikan dunia lebih baik. Pembelajarannya terlihat 17 tahun kemudian saat dia menguji satelit listrik untuk mengobati aktivitas kejang di otak pada saat pasien dalam keadaan sadar.

Eksperimen yang diberi nama Prosedur Montreal ini memimpin Wilder menemukan bagian fisik otak yang dapat membangkitkan memori, seperti bau roti bakar yang terbakar.

Penemuannya ini membawa status Kanada naik dalam peringkat kesehatan global dan sains. (age/age)