Xiaomi Dikabarkan Akan IPO Awal Mei

Eka Santhika, CNN Indonesia | Senin, 16/04/2018 14:25 WIB
Xiaomi Dikabarkan Akan IPO Awal Mei Ilustrasi kantor Xiaomi (Courtesy Xiaomi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Xiaomi dilaporkan akan mendaftarkan penawaran saham perdana mereka di Hong Kong pada awal Mei ini. Meski demikian, Xiaomi masih belum berkomentar terhadap kabar tersebut.

Sebelumnya, Hong Kong Economic Times menyebut bahwa perusahaan asal China itu akan mengajukan dokumen pengajuan penawaran saham perdana pada awal Mei tahun ini. Diperkirakan perusahaan itu memiliki valuasi senilai US$65-70 miliar (sekitar Rp895,7 triliun).

Namun laporan lain menyebut bahwa perusahaan itu bisa bernilai US$100 miliar (sekitar Rp1,37 quadriliun). Jika angka ini terbukti, maka ini akan menjadi valuasi perusahaan teknologi terbesar di 2018, demikian disebutkan Gizmo China

Perusahaan itu dikabarkan telah berhubungan dengan Morgan Stanley dan Goldman Sachs untuk IPO mereka. Perusahaan juga sudah menunjuk Credit Suisse Group AG and Deutsche Bank AG

Dalam wawancara dengan CNBC, Senior Vice President Xiaomi, Wang Xiang menyebut perusahaannya tengah mengumpulkan kekuatan untuk mendorong perusahaan di Amerika Serikat. Sebagian orang mengira ini adalah petunjuk soal IPO mereka. 

Xiaomi memiliki valuasi US$45 miliar saat pertama mengumpulkan pendanaan pada 2014. Xiaomi juga berhasil mencapai target pendapatannya US$15 miliar (sekitar Rp206 triliun) pada Oktober 2017, sebelum tutup tahun. Perusahaan juga mengantongi keuntungan US$1 miliar pada 2017, lebih 18 persen dari target. Tahun ini, Xiaomi menargetkan keuntungan dua kali lipat. (evn)