Kepintaran Google Assistant Lampaui Cortana dan Siri

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Senin, 30/04/2018 10:25 WIB
Kepintaran Google Assistant Lampaui Cortana dan Siri Google Assistant tercatat jadi aplikasi asisten digital paling pintar dibandingkan pesaingnya. (Foto: Screenshot via google.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sudah bukan rahasia jika raksasa teknologi dunia kian gencar memperkenalkan layanan asisten digital. Amazon, Google, Apple, dan Microsoft berkompetisi menjadikan asisten digital berbasis suara besutannya kian cerdas.

Namun siapa sangka, jika Google Assistant ternyata memiliki akurasi paling tinggi sat menjawab pertanyaan dibandingkan pesaingnya. Dalam studi yang dilakukan oleh Stone TempleGoogle Assistant dibagi kedalam dua versi yakni pada ponsel cerdas dan perangkat elektronik Google Home.

Aplikasi Google Assistant pada ponsel memiliki akurasi lebih tinggi ketimbang yang ada di Google Home. Akurasi Google Assistant pada ponsel mencapai 90 persen, beda tipis dengan di perangkat Google Home sekitar 85 persen.


Angka ini meningkat drastis dibandingkan tahun lalu dengan akurasi Google Assistant dalam menjawab pertanyaan kurang dari 80 persen.

Tepat di bawah Google Assistant, Cortana memiliki akurasi lebih dari 80 persen. Kemampuan Cortana menjawab seluruh pertanyaan juga masih lebih baik dibandingkan Google Assistant pada perangkat Google Home.

Sementara Siri jauh tertinggal dari kompetitor lainnya. Akurasi Siri tercatat hanya 80 persen saat merespons pertayaan yang diajukan dalam tes.

Peneliti membandingkan keempat asisten digital saat merespons pertanyaan verbal yang diajukan. Keempatnya memberikan jawaban berdasarkan database hingga sumber pihak ketiga seperti Wikipedia.

Tak sedikit pertanyaan yang tidak dipahami oleh keempat digital asisten. Meskipun sudah berupaya menjawab pertanyaan, namun respons yang diberikan cenderung salah.

Dibandingkan setahun silam, kecerdasan keempat asisten digital tercatat terus meningkat. Asisten digital milik Amazon, Alexa mengalami peningkatan paling signifikan dengan akurasi sebesar 19,8 persen pada tahun lalu menjadi 53 persen di tahun ini.

Sementara Cortana mengalami peningkatan akurasi menjadi 64,5 persen dari sebelumnya sebesar 53,9 persen. Siri mencatat peningkatan akurasi terendah dari 31,4 persen menjadi 40,7 persen di tahun ini. (evn)