Xiaomi Tawarkan Layanan Peminjaman Uang Daring

RBC, CNN Indonesia | Senin, 25/06/2018 17:10 WIB
Xiaomi Tawarkan Layanan Peminjaman Uang Daring Xiaomi memperkenalkan layanan peminjaman uang Mi Credit. (dok. CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Xiaomi mulai merambah layanan yang bukan lagi sekedar merilis perangkat keras dan peranti lunak untuk beragam produknya. Kini, perusahaan asal China ini mulai memperkenalkan fitur baru yang memfasilitasi penggunanya dalam mengakses layanan keuangan.

Fitur bernama Mi Credit secara resmi diperkenalkan hari ini (25/6) untuk pengguna perangkat Xiaomi.

Mi Credit merupakan platform yang menyediakan informasi seputar penyedia layanan peminjaman uang secara daring. Sepintas, layanan ini tak ubahnya dengan fintech.


Bedanya, Xiaomi tak memperkenalkan layanan fintech sendiri, tapi menghubungkannya dengan pihak penyedia layanan peminjaman uang.

Rival senegara Oppo dan VIvo ini memastikan semua mitra penyedia layanan yang bekerja sama dengan Mi Credit telah terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Jadi lebih menghemat waktu pengguna yang ingin mencari layanan keuangan, karena di Mi Credit sudah terlihat semua informasi yang dibutuhkan dan semua (penyeia layanan) sudah terdaftar," jelas Head of Xiaomi South Pacific Region sekaligus country manager Xiaomi Indonesia Steven Shi kepada CNNIndonesia.com, Senin (25/6).

Stephanie menjelaskan layanan ini eksklusif untuk pengguna MIUI yang notabene hanya tersedia di perangkat Xiaomi. Dengan kata lain, pengguna ponsel lain nantinya tidak bisa diunduh dan digunakan oleh pengguna ponsel merek lain.

Lain halnya dengan penyedia layanan fintech, Stephanie menegaskan fitur baru ini hanya berperan sebagai fasilitator. Semua proses pengambilan data dan verifikasi akan dilakukan oleh masing-masing mitra penyedia layanan.

Shi mengatakan pihaknya ingin memberkan pengalaman menggunakan mobile internet secara menyeluruh kepada para penggunanya.

"Melalui peluncuran Mi Credit, kami percaya para pengugna dapat menikmat fungsi yang bermanfaat dari salah satu fitur MIUI," ungkap Steven dalam keterangan tertulis. (evn)