Cara Kirim SMS di Web Lewat Android Messages

Eka Santhika, CNN Indonesia | Senin, 02/07/2018 11:03 WIB
Cara Kirim SMS di Web Lewat Android Messages Ilustrasi (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengguna Android kini bisa mengirimkan pesan SMS lewat peramban. Tapi, hal ini hanya bisa dilakukan dengan aplikasi pesan Android Messages. Sementara pengguna iPhone telah lama bisa mengirimkan SMS lewat Mac lewat iMessage, seperti dilansir CNBC

Saat dicoba, tampilan SMS di peramban ini sangat mirip dengan tampilan dan fungsi WhatsApp versi web. Pengguna cukup memindai kode QR yang tampil di situs https://messages.android.com lewat aplikasi Android Messages. Setelah terpindai, laman situs berubah menjadi tampilkan SMS versi web.

Buat sesama pengguna Android Messages, pesan yang dikirimkan bukan lagi berupa pesan SMS, melainkan pesan instan yang dikirim lewat internet, layaknya WhatsApp dan layanan pesan instan lainnya. Cara serupa sudah lama diterapkan Apple dengan layanan iMessage miliknya.


Selain itu, Android Messages ini adalah satu dari sekian banyak layanan pesan instan yang dikeluarkan Google. Google sebelumnya telah memiliki Google Talk, Hangout, Allo, Dan Duo. Namun, tak satu pun yang berhasil menjadi layanan pesan instan yang populer.

Cara pakai Android Messages:

1. Unduh Android Messages di Play Store.
2. Buka https://messages.android.com/ di peramban
3. Pindai kode QR yang tampak di peramban lewat Android Messages dengan mengklik tiga titik di sudut kanan atas. Pilih Messages for Web dan pindai kode QR.
4. Peramban akan melakukan 'mirror' terhadap aplikasi Android Messages.
(malem) Cara Kirim SMS Lewat Web di Google Android Tampilan Android Messages di peramban yang menyerupai tampilan WhatsApp (screenshot https://messages.android.com)


Serupa dengan WhatsApp, aplikasi ini juga akan menunjukkan di komputer mana terakhir kali aplikasi dinyalakan.

Pengguna Android Messages bisa mengirimkan emoji, stiker, GIF, foto, lokasi, dan voice note. Pesan multimedia seperti foto, video, dan rekaman suara akan diubah menjadi pesan MMS jika pengguna mengirimkannya lewat layanan SMS. Jika pengguna mengirimkan pesan lokasi, maka akan dikirimkan link. (eks/eks)