Enam Sektor Potensial Jadi Unicorn di Indonesia

RBC, CNN Indonesia | Kamis, 02/08/2018 10:31 WIB
Enam Sektor Potensial Jadi Unicorn di Indonesia Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di era digital ini, bisnis rintisan (startup) dalam berbagai sektor semakin menjamur di Indonesia dan mulai menarik perhatian masyarakat.

Chief Executive KIBAR Yansen Kamto menyebut terdapat enam sektor yang diramalkan akan memiliki peluang besar untuk menjadi unicorn di Indonesia.

"Sektor-sektor yang akan menjadi besar adalah pertanian, pendidikan, kesehatan, pariwisata, logistik, dan energi terbarukan. Kami percaya sektor-sektor itu yang akan menjadi unicorn-unicorn berikutnya," kata Yansen saat ditemui di daerah Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (1/8).
Unicorn adalah sebutan yang diberikan untuk perusahaan startup dengan valuasi lebih dari US$1 miliar. Hingga saat ini, sudah terdapat empat unicorn di Indonesia yaitu Traveloka, Bukalapak, Tokopedia, dan Gojek.


Menurut Yansen, keenam sektor tersebut memiliki peluang bisnis yang besar karena sektor-sektor tersebut memiliki banyak masalah yang belum diselesaikan.

"Belum banyak solusi yang menggunakan teknologi yang harusnya bisa menghasilkan optimalisasi, efesiensi untuk produktivitas," ujarnya.
Yansen mengatakan bahwa startup harus berawal sebuah masalah. Ketika masalah besar dikombinasikan dengan pangsa pasar yang besar, startup yang dapat menghadirkan solusi bagi masalah tersebut akan menjadi perusahaan yang sukses.

"Jadi startup itu bukan sekadar untuk keren-kerenan, tetapi harus punya mindset untuk memecahkan masalah," tegasnya. (age/age)