Apple Watch Disebut Bisa Kuak Kematian Khashoggi

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 20/10/2018 15:39 WIB
Apple Watch Disebut Bisa Kuak Kematian Khashoggi Wartawan pengkritik Saudi, Jamal Khashoggi dikabarkan meninggal dunia saat mengunjungi Kantor Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Arab Saudi akhirnya buka suara dan mengakui bahwa Jamal Khashoggi meninggal dunia di kantor konsulat di Istanbul, Turki. Kabar hilangnya Khashoggi terkuak disebut berkat jam tangan pintar Apple Watch yang dikenakannya saat memasuki kantor konsulat Saudi.

Pejabat Turki tidak secara gamblang menjelaskan cara mendapatkan rekaman suara dan video dari Apple Watch yang menjadi bukti bahwa Khashoggi tewas dibunuh. Kendati demikian, banyak pihak yang meragukan bukti rekaman tersebut.

Khashoggi disebut merekam suara dugaan pembunuhan menggunakan aplikasi di Apple Watch dan mengunggah hasil rekamanan tersebut ke iPhone dan iCloud miliknya. Surat kabar Sabah disebut mendapatkan kabar tersebut dari seorang pejabat keamanan di Turki.


Khashoggi diketahui meninggalkan iPhone miliknya kepada tunangannya Hatice Chengiz yang menunggu di luar kantor konsulat Saudi.

Untuk bisa terhubung dengan iPhone, Apple Watch membutuhkan koneksi Bluetooth dengan jarak berdekatan. Namun, Apple Insider mencatat Khashoggi mengenakan Apple Watch 3 yang dilihat dari bulatan mahkota digital merak di samping jam. Dengan kata lain, perangkat tersebut memiliki koneksi LTE.

Kendati demikian, jaringan LTE di Apple Watch milik Khashoggi hanya berfungsi secara terbatas di negara asalnya. Apple mengonfirmasi bahwa LTE pada Apple Watch 3 dan 4 tidak mendukung roaming di seluruh dunia.

Selain itu, tidak ada jaringan LTE di Turki yang mendukung Apple Watch 3. Sehingga besar kemungkinan Khashoggi membeli jam tangan pintarnya di AS, meski tidak bisa menggunakan jaringan LTE di Turki.

Namun, besar kemungkinan Apple Watch milik Khashoggi telah menggunakan  WiFi yang tersedia di Konsulat Saudi pada kunjungan sebelumnya. Dengan demikian, data-data yang ada di jam tangan pintar miliknya juga bisa tersedia di iPhone.

Harian Sabah sebelumnya mengatakan Saudi disebut berupaya menghapus rekaman audio menggunakan sidik jari Khashoggi untuk membuka Apple Watch-nya. Namun, perangkat tersebut diketahui tak dibekali sensor sidik jari layaknya iPhone dan iPad.

Rekaman audio pada Apple Watch yang dikenakan Khashoggi diduga disimpan ke iCloud. Sementara untuk mengakses data dibutuhkan akses berupa username dan kata sandi pemilik Apple ID. Muncul spekulasi bahwa tunangan Khashoggi yang membantu mendapatkan rekaman audio tersebut.

Kabar hilangnya wartawan pengkritik Saudi, Jamal Khashoggi berawal saat ia mengunjungi kantor konsulat di Istanbul pada 2 Oktober untuk mengurus dokumen pernikahan. Hingga kantor konsulat tutup, Hatice tak kunjung mendapati Khashoggi keluar. (evn)