Grab Pastikan Keamanan Integrasi Aplikasi dan Kontak

CNN Indonesia | Rabu, 28/11/2018 17:40 WIB
Grab Pastikan Keamanan Integrasi Aplikasi dan Kontak Ilustrasi. (CNN Indonesia/Agnes Savithri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grab hari ini tak hanya mengumumkan layanan dan fitur baru,  perusahaan pun memperbarui alur pemesanan dan tampilan di GrabExpress. Salah satunya mengintegrasikan kontak telepon dengan aplikasi.

Gita Prihanto, Head of 2 Wheels Transport & Logistics Grab Indonesia mengungkapkan bahwa perubahan ini adalah untuk mempermudah pengguna dalam memilih dan mengisi rincian kontak penerima barang saat melakukan pemesanan.

"Daftar kontak telepon yang tersimpan pada ponsel cerdas (smartphone) kini juga terintegrasi langsung dengan aplikasi Grab, sehingga memudahkan pengguna dalam memilih dan mengisi rincian kontak penerima barang saat melakukan pemesanan layanan," papar Gita dalam konferensi pers di JS Luwansa, Jakarta Selatan, Rabu (28/11).


Namun, akses kontak telepon pengguna aplikasi selama ini menjadi isu sensitif. Tak jarang pengguna aplikasi merasa keberatan kontak telepon mereka disinkronkan dengan aplikasi karena alasan keamanan.
Menjawab hal itu, Gita meyakinkan bahwa pengguna tak perlu merasa khawatir dengan data yang dipegang oleh perusahaan. Mereka menjamin data tersebut akan disimpan aman dan tetap rahasia.

"Kamidari Grab sudah komitmen untuk menjaga kerahasiaan data-data dan kontak yang konsumen percayakan kepada kami. Jadi tidak perlu khawatir kami akan menjaga keamanan dan kerahasiaan," terang Gita saat ditanyai CNNIndonesia.com.

Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia menambahkan bahwa keamanan data pelanggan adalah suatu hal yang menjadi keutamaan perusahaan.

"Keamanan menjadi fokus dan ada dalam DNA kami selama ini," ujar Ridzki.

Namun, pihaknya belum mau menjelaskan lebih jauh bagaimana pengamanan ini dilakukan dalam kesempatan hari ini.
Sebelum hadirnya fitur integrasi kontak itu, pemesan masih harus memasukkan nomor secara manual ke dalam rincian pemesan GrabExpress. Namun dengan fitur ini, pengguna cukup menuliskan nama kontak untuk mengisi rincian penerima paket.

Sementara itu, Grab baru saja memperkenalkan layanan GrabExpress Car dan fitur GrabExpress Nalangin pada Rabu (28/11). Kedua fitur baru diluncurkan untuk membantu wirausahawan mikro yang umumnya memanfaatkan penjualan online.

GrabExpress Car memiliki kelebihan untuk pengiriman paket dengan mobil ke lima destinasi dalam sekali pemesanan. Dia juga dilengkapi dengan asuransi sampai alat tracking pesanan dan bukti penerimaan.

Sementara GrabExpress Nalangin diluncurkan untuk menjawab penggemar Cash On Delivery di daerah Jakarta. Fitur yang satu ini dilayani oleh mitra GrabBike. (kst/age)