Target Harbolnas Cetak Transaksi Rp7 Triliun

CNN Indonesia | Selasa, 11/12/2018 17:48 WIB
Target Harbolnas Cetak Transaksi Rp7 Triliun Ilustrasi (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) menargetkan gelaran pesta diskon pada 2018 ini bisa mencetak nilai transaksi Rp7 triliun. Target ini naik hampir 40 persen dari nilai transaksi Harbolnas tahun lalu sejumlah Rp 4,7 triliun. Harbolnas ini diikuti oleh berbagai layanan e-Commerce seperti Lazada, Shopee, Bukalapak, Pegipegi, Traveloka, dan 250 e-Commerce lain.

Pesta belanja online ini menjadi ajang adu promo untuk memanjakan konsumen. Promo ini terdiri dari diskon hingga cashback. Lazada sendiri diketahui memberikan diskon hingga 90 persen untuk berbagai macam produk di platformnya. Lazada sebelumnya telah menyebarkan voucher-voucher potongan harga sebelum Harbolnas dimulai.

E-Commerce sejenis Lazada, Bukalapak dan Shopee juga tak mau kalah dengan memberikan diskon hingga 80 persen. Shopee menambahkan diskon tersebut dengan cashback dan pengiriman gratis.


Di sisi lain, Bukalapak memberikan promo produk elektronik hingga 70 persen, produk fesyen hingga 80 persen, produk ponsel hingga 70 persen.Pegi-pegi memberikan cashback untuk pemesanan transportasi dan akomodasi hingga Rp1,2 juta.

Shopee, Bukalapak dan Pegipegi memiliki syarat dan ketentuan berlau. Di antara lain, ada kuota pembeli yang ditetapkan untuk suatu barang yang didiskon pada saat flash sale.

Pembeli harus adu cepat dengan pembeli lain untuk membeli produk ini karena terbatasnya kuota pembeli.

Metode promo berbeda diterapkan oleh Traveloka. Traveloka tidak menerapkan sistem flash sale, setiap akun bisa mendapatkan diskon yang ditawarkan oleh Traveloka selama periode promo. Syarat dan ketentuan Traveloka adalah maksimal satu kali transaksi per orang. (jnp/eks)