Perubahan Drastis Alam dalam #10YearsChallenge

CNN Indonesia | Sabtu, 19/01/2019 18:46 WIB
Perubahan Drastis Alam dalam #10YearsChallenge Ilustrasi. (Reuters/Lucas Jackson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Belakangan ini, netizen ramai mengunggah foto mereka satu dekade lalu untuk mengikuti tantangan 10 tahun (10 years challenge). Namun, tak hanya mengunggah foto perubahan diri, sejumlah netizen juga memperlihatkan perubahan drastis alam dalam satu dekade terakhir.

Insider memberitakan bahwa situs seperti Reddit dan Instagram dipenuhi dengan foto-foto perubahan alam karena cuaca tersebut. Tantangan yang awalnya dimaksudkan untuk menunjukkan perubahan seseorang ini berubah menjadi lebih serius.


Banyak gambar menunjukkan perbandingan foto yang menunjukkan lelehan glasier. Hal ini terjadi sebagai dampak pemanasan global.




Gletser yang terus mencair di Kutub Utara dan Selatan perlahan-lahan akan mengirim sejumlah besar es ke lautan. Ini berpotensi pada kenaikan permukaan laut yang cepat di seluruh dunia.

Dalam skenario terburuk, permukaan laut di Florida Selatan dapat meningkat 3- 9 meter pada 2100. Walaupun air menguap ketika panas, namun kenaikan permukaan laut tak dapat dihindari.

Pasalnya, air laut yang menguap terperangkap gas rumah kaca di atmosfer. Sehingga berpotensi kembali ke bumi dalam bentuk hujan.



Hal ini bahkan mendapatkan perhatian dari pesepak bola Jerman, Mesut Ozil. Dalam cuitannya dia membagikan foto glasier yang telah mencari dalam selang 10 tahun.



Tak hanya itu, pemanasan global juga berpengaruh pada satwa di kutub. Beruang kutub pada 2009 masih terlihat layaknya beruang dengan badan berlemaknya, namun kini tampak menyedihkan.

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]


(kst/age)