Laporan dari Turki

Tips Fotografi Mobile ala Jay Subiakto

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 21/03/2019 19:20 WIB
Tips Fotografi <i>Mobile</i> ala Jay Subiakto Sutradara Jay Subiakto saat memberikan tips menghasilkan karya sinematografi menggunakan smartphone dalam Media Workshop S10 di Bursa, Turki, Senin (20/3). (CNN Indonesia/Agustiyanti)
Bursa, CNN Indonesia -- Kian canggihnya fitur kamera dalam ponsel pintar (smartphone) membuat hampir semua orang bisa menghasilkan foto dan video dengan hasil yang bagus.

Sutradara Jay Subiakto menyebut ponsel pintar yang kian canggih saat ini mampu menghasilkan karya fotografi dan sinematografi yang bagus, bukan hanya oleh kalangan profesional tetapi juga kalangan biasa. Jay sendiri baru-baru saja memiliki akun instagram dan mulai membuat karya untuk diunggah di media sosialnya tersebut.

"Ketika sampai di satu tempat kita baca dulu, rasakan dulu. Jangan datang aja terus bilang tempatnya bagus tapi udah itu saja," ujar Jay saat Media Workshop Samsung S10 di Bursa, Turki, Senin (20/3).



Jay menjelaskan pengetahuan dan latar belakang tempat atau obyek yang akan diabadikan penting agar karya fotografi atau sinematografi yang dihasilkan lebih hidup dan orisinal. Selain itu, sebaiknya selipkan unsur budaya dan cerita dari foto atau video yang ingin dihasilkan.

"Penting ketika ke suatu tempat kita mengetahui latar belakangnya. Misalnya ketika saya ke nepal, orang asing mungkin menamakannya Everest tapi aslinya bernama Sagarmatha yang berarti gunung agung," terang Jay.

Guna menciptakan hasil video yang bagus, menurut dia, penting untuk memilih smartphone yang tepat guna mendapatkan footage yang layak untuk proses editing dan memiliki kemampuan merekam yang baik. Agar gambar stabil, tangan sebaiknya diperlakukan layaknya tripod.

"Teknik ini dapat mengurangi guncangan saat merekam video," jelas dia.

Merekam video, menurut Jay, juga sebaiknya dilakukan dengan format landscape sehingga video yang dihasilkan dengan smartphone akan terlihat lebih utuh. Adapun untuk menambah efek sinematik, Jay menyarankan untuk memanfaatkan sejumlah teknik pengambilan gambar saat sedang melakukan merekam menggunakan smartphone.

Pertama, teknik tlit yakni menggunakan tangan sebagai tumpuan untuk kemudian menggerakan smartphone ke atas atau ke bawah. Kedua, teknik slide yakni teknik menggunakan tangan sebagai tumpuan, kemudian menggerakan smartphone ke kanan dan ke kiri. Ketiga, teknik panning yakni menjadikan badan sebagai tumpuan, dapat dilakukan dengan gerakan vertikal atau horizontal.

Terakhir, menurut Jay, penting untuk memperhatikan angle pengambilan gambar sehingga video yang dihasilkan lebih beragam. (agi/age)