Bekraf: Nilai Unicorn Indonesia Tak Perlu Sampai US$1 Miliar

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 29/03/2019 19:40 WIB
Bekraf: Nilai Unicorn Indonesia Tak Perlu Sampai US$1 Miliar Triawan Munaf bersama Ridzki Kramadibrata dan Ongki Kurniawan. (CNN Indonesia/ Grandyos Zafna)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan seharusnya nilai valuasi startup unicorn di Indonesia tak perlu sampai US$1 Miliar.

Triawan mengatakan seharusnya ada pemberlakuan standar yang berbeda karena ada beberapa hal yang tidak bisa dibandingkan secara setara.

"Sebetulnya untuk Indonesia jangan sampai US$1 miliar. Seharusnya US$100 juta juga sudah jadi unicorn karena tidak apple to apple," kata Triawan usai acara Grab Thinkubator di Kota Kasablanka, Kamis (28/3).


Triawan mengatakan saat ini rasio kesuksesan startup di Indonesia hampir sama dengan usaha-usaha konvensional lainnya. Bagi Triawan, teknologi memberikan level playing of field bagi seluruh pengusaha startup.
"Hanya sekarang dengan teknologi orang lebih banyak memiliki kesempatan yang sama. Ide-ide social solution itu lebih banyak sekarang karena bisa diatasi dengan kecepatan internet," kata Triawan.

Menurut Triawan, saat ini startup di Indonesia sudah mencapai jumlah dua ribu. Angka ini adalah yang terdeteksi oleh pemerintah. Masih banyak startup yang belum terdeteksi.

"Terdeteksi dua ribu, tapi sebetulnya yang tidak terdeteksi juga banyak. Startup itu kan intinya dua orang atau tiga orang yang mulai merintis sebuah usaha baru dengan ide-ide baru. Tidak semuanya terdeteksi," ujar Triawan.

Sebelumnya, Thinkubator diadakan berdasarkan kerja sama Badan Ekonomi Kreatif bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Grab, Kantor Staf Presiden, Badan Koordinasi Penanaman Modal, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sejumlah 1.169 startup mendaftar ke acara Thinkubator. Dari angka tersebut tersaring 150 startup yang berhak mengikuti conference dan workshop bersama para expert di bidangnya pada 28 Maret 2019 di Jakarta. (jnp/age)