Menteri Luhut Sebut Jokowi Pro Ekonomi Digital

CNN Indonesia | Sabtu, 30/03/2019 04:29 WIB
Menteri Luhut Sebut Jokowi Pro Ekonomi Digital Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyatakan Presiden Jokowi pro dengan ekonomi digital. (CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintahan Presiden Joko Widodo sangat pro dengan perkembangan ekonomi digital anak muda. Salah satunya adalah dengan memelihara startup agar bisa berkontribusi dalam perekonomian di Indonesia.

"Sekarang ini gampang presidennya untuk perizinan ini. Pokoknya untuk kemajuan negara dan bangsa apalagi berbicara anak muda atau bahkan yang online-online itu, presiden langsung minta dimainkan," kata Luhut saat memberikan sambutan dalam acara Thinkubator di Kota Kasablanka, Jakarta, pada Kamis (28/3).

Luhut mengatakan pemerintah terus berupaya untuk menggenjot pertumbuhan startup. Salah satu bentuk upaya tersebut adalah bekerja sama dengan Grab untuk menggelar acara Thinkubator untuk mencari startup decacom masa depan di lndonesia.


"Saya lapor presiden kemarin beliau sangat setuju. Dia bilang tidak mengira Grab juga bisa hebat seperti ini bisa bikin ini," kata Luhut.


Luhut mengatakan ide awal dari program pencarian startup ini adalah agar bisa menumbuhkan orang - orang berlatar belakang biasa untuk menghasilkan sesuatu yang berarti.

"Ide dasarnya adalah agar ada pemain - pemain baru muncul. Anak-anak muda yang punya potensi ke depan untuk ekonomi Indonesia. Bukan yang kaya jadi tambah kaya. Jadi bisa siapapun dengan latar belakang dari bukan siapapun itu bisa tumbuh," ujar Luhut.

Thinkubator pertama kali digagas berdasarkan percakapan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan dengan CEO Grab Anthony Tan dan telah menjadi kompetisi nasional untuk mencari ide terbaik.

Ide tersebut termasuk berbagai kategori termasuk logistik, transportasi, pertanian atau lingkungan, pendidikan, maritim, kesehatan, e-commerce dan lainnya

"Waktu sama Anthony saya bilang kenapa tidak bikin Asean startup idol. Akhirnya dibuat lah inkubator," kata Luhut.
(jnp/agt)