Sempat Ditunda, SpaceX Sukses Luncurkan Roket Falcon Heavy

CNN Indonesia | Jumat, 12/04/2019 14:17 WIB
Sempat Ditunda, SpaceX Sukses Luncurkan Roket Falcon Heavy Peluncuran misi komersial pertama roket Falcon Heavy. (Foto: Joe Raedle/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- SpaceX berhasil meluncurkan roket Falcon Heavy pada Kamis (11/4) pukul 5.45 waktu setempat dari Kennedy Space Center di Florida, AS. Peluncuran ini sempat tertunda selama sehari lantaran angin kencang di lapisan atmosfer.

Pada misi komersial perdananya, roket Falcon Heavy membawa satelit Arabsat-6A. Satelit ini akan menyediakan akses komunikasi untuk wilayah Timur Tengah, Eropa, dan Afrika.

Diwartakan Reuters, Falcon Heavy dilaporkan meluncur keluar dari atmosfer Bumi sebelum kembali mendarat ke titik pendaratan.


Sekitar sepuluh menit setelah peluncuran, kedua roket pendorong samping milik Falcon Heavy mendarat di dua titik pendaratan yang terdapat pada Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral, Florida, AS.

Sementara pendorong utama dari roket ini mendarat di titik terpisah. Ketiga roket akan diperbaiki lebih dulu untuk digunakan kembali pada misi peluncuran berikutnya.

Peluncuran ini adalah pertama kalinya ketiga roket berhasil mendarat dengan sukses, setelah tahun lalu sempat mengalami serangkaian kendala.

Keberhasilan misi komersil pertama SpaceX mendekatkan perusahaan tersebut dengan ambisinya, menjadi perusahaan privat yang mengirimkan manusia ke luar angkasa.

Selain SpaceX, perusahaan penerbangan swasta seperti Boeing dan Blue Origin salig berlomba untuk menjadi perusahaan komersial pertama yang bekerja sama dengan NASA untu membawa manusia ke Bulan.

Pada Maret lalu, SpaceX berhasil melakukan misi nirawak kapsul Crew Dragon ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Kapsul in ditargetkan bisa digunakan untuk peluncuran pada Juli mendatang. (lea/evn)