Uji Produk

Vivo V15, Boyong Mekanisme Kamera 'Pop-up' Ala Flagship

Dini Nur Asih, CNN Indonesia | Selasa, 23/04/2019 18:32 WIB
Vivo V15. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Konsep kamera 'pop up' belakangan diadopsi oleh sejumlah produsen ponsel, sebut saja Oppo, Vivo, Xiaomi, hingga Samsung. Bukan lagi layar berponi, sejumlah produsen mengklaim kemunculan kamera yang 'muncul' saat hendak digunakan membuat layar tampak lebih lapang.

Vivo menjadi salah satu produsen yang mengadopsi desain kamera nongol pada seri terbaru V15. Setelah memboyong mekanisme 'kamera geser' pada ponsel flagship Nex, kamera pop up di bagian depan berkekuatan 32 megapiksel kini diboyong untuk V15.

CNNIndonesia.com berkesempatan menghabiskan waktu dua pekan untuk menjajal ponsel kamera pop-up V15 yang mengusung mekanisme serupa ponsel flagship Vivo Nex tersebut.


Vivo V15, Usung Kamera 'Pop-up'Isi dalam paket penjualan Vivo V15. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)

Desain dan layar

Vivo V15 mengikuti tren warna gradasi yang belakangan diadopsi oleh sejumlah produsen. Bentang layar 6,53 inci dengan rasio layar ke body 85,6 persen, resolusi full HD 2.340x1.080 piksel, dan ultimate all-screen membuat penggunaannya terasa leluasa untuk streaming video atau bermain gim.

Teknologi layar Super AMOLED membuatnya terasa terang dan tajam untuk menampilkan paduan warna pada foto dan video. Layar tampak 'bersih' lantaran penggunaan konsep kamera 'pop up'.

Penempatan tombol volume dan power disusun secara vertikal di sisi kanan ponsel. Sementara di sisi kiri terdapat slot microSD dan tombol 'pintar' khusus untuk mengaktifkan Google Assistant.

Vivo V15, Boyong Mekanisme 'Pop-up' Khas Nex di Kamera DepanFoto: CNN Indonesia/Hesti Rika

Selain akses cepat ke fitur Google Assistant, tombol ini juga bisa disesuaikan untuk fitur lain. Caranya, masuk ke pengaturan > pilih Jovi > pilih menu Google Search, Google Assistant, Google Assistant Visual Snapshot, dan Image Recognizer untuk mengubah akses cepat di tombol tersebut

Di sisi bawah terdapat port microUSB yang diapit oleh speaker di sisi kanan dan lubang audio 3,5mm di sisi kiri. Kendati terbuat dari plastik, ponsel ini tidak terasa ringkih saat digunakan sehari-hari.

Lekukan yang terdapat di keempat sisi ponsel membuatnya nyaman saat disimpan di dalam saku.

Beralih ke bagian belakang, CNNIndonesia.com mendapatkan peminjaman unit V15 berwarna royal blue dengan gradasi warna biru tua dan muda yang membuatnya enak dipandang. V15 juga hadir dalam sentuhan warna glamour red, frozen black, dan topaz blue.

Tak banyak detail di bagian belakang bodi ponsel, kamera disusun secara vertikal dan akan muncul saat hendak digunakan. Tiga buah kamera dengan kamera utama 24 MP, ultrawide 8 MP, dan sensor untuk hasil foto blur 5MP serta sebuah LED flash.

Vivo V15, Boyong Mekanisme 'Pop-up' Khas Nex di Kamera DepanFoto: CNN Indonesia/Hesti Rika
Untuk sensor sidik jari, V15 menempatkannya di bagian tengah punggung ponsel. Desain glossy membuatnya tampak bersih, tapi juga rentan meninggalkan jejak sidik jari jika tak memasang jaket pelindung tambahan yang ada dalam paket penjualan. (evn)
1 dari 3


BACA JUGA