8 Destinasi Masa Depan saat Turis Kunjungi Mars

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Sabtu, 11/05/2019 13:50 WIB
Permukaan Mars. (REUTERS/NASA/JPL-Caltech/Univ. of Arizona/Handout)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berlibur ke luar angkasa nampaknya bukan lagi sebuah wacana. Berbagai badan antariksa telah memulai penelitian dan eksplorasi luar angkasa seperti Mars dan Bulan.

Dilansir dari Space.com, Mars merupakan planet yang kontras jika di bandingkan dengan Bumi. Planet yang dijuluki Planet Merah ini memiliki gunung berapi yang besar, ngarai yang dalam dan kawah yang mungkin menampung air mengalir.

Lokasi ini akan menjadi luar biasa jika bisa menjadi lokasi wisata para wisatawan di masa depan. Situs pendaratan untuk misi masa depan ini kemungkinan membutuhkan dataran datar untuk alasan keamanan.
Berikut adalah beberapa lokasi yang bisa dikunjungi orang Mars di masa depan.


1. Olympus Mons

Olympus Mons adalah gunung berapi paling ekstrem di tata surya. Menurut NASA, gunung ini terletak di wilayah vulkanik Tharsis dan ukurannya hampir sama dengan negara bagian Arizona.

Tingginya 25 kilometer membuatnya hampir tiga kali ketinggian Gunung Everest Bumi, yang tingginya sekitar 5,5 mil (8,9 km).

Olympus Mons adalah gunung api perisai raksasa, yang terbentuk setelah lava perlahan merangkak menuruni lerengnya.
Hal ini menunjukkan bahwa gunung itu mungkin mudah untuk didaki oleh penjelajah masa depan, karena rata-rata kemiringannya hanya 5 persen. Pada puncaknya dibentuk oleh ruang magma yang kehilangan lava (kemungkinan selama letusan) dan runtuh.
2. Tharsis Volcanoes

Saat mendaki sekitar Olympus Mons, ada beberapa gunung berapi lainnya di wilayah Tharsis. Tharsis memiliki 12 gunung berapi raksasa di zona seluas kurang lebih 2500 mil (4.000 km), menurut NASA.

Seperti Olympus Mons, gunung berapi ini cenderung jauh lebih besar daripada yang ada di Bumi, mungkin karena Mars memiliki tarikan gravitasi yang lebih lemah yang memungkinkan gunung berapi tumbuh lebih tinggi. Gunung berapi ini mungkin telah meletus selama dua miliar tahun, atau setengah dari sejarah Mars. (age/age)
1 dari 4