Instagram: Hak Cipta Jadi Kendala Fitur Musik Belum Ada

CNN Indonesia | Selasa, 14/05/2019 19:48 WIB
Instagram: Hak Cipta Jadi Kendala Fitur Musik Belum Ada Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Client Partner Facebook & Instagram Indonesia Aldo Rambi mengatakan alasan fitur musik Instagram belum masuk ke Indonesia karena terkait masalah regulasi hak cipta.

"Kalau alasan khusus mungkin regulasi atau hak cipta di Indonesia, itu yang mungkin pertimbangan untuk merilis fitur itu," kata Aldo kepada awak media di Ruang Komunal Facebook, Jakarta, Selasa (14/5).

Selain itu kata Aldo, pihaknya juga harus meninjau lebih jauh fitur musik apakah sesuai dengan pengguna di Indonesia atau tidak.


Ditanya kapan fitur musik dapat di uji coba di Indonesia, Aldo tidak menyatakan secara pasti. Dia beralasan saat ini Instagram Indonesia tengah fokus memperkenalkan fitur khusus Ramadan yang disematkan di Instagram Story.

"Ditunggu. Sebenarnya mungkin bisa jadi itu cepat, stay tune mba. Sekarang ini kita fokus di Ramadan yang kami luncurkan tadi filter fitur GIFy yang relevan untuk umat Islam yang merayakan Ramadan secara global dan spesifik di Indonesia," jelasnya.

Sebelumnya, Instagram telah meluncurkan fitur menambahkan musik sebagai latar untuk unggahan di fitur Stories. Pengguna bisa memilh ribuan koleksi lagu dan menambahkan musik disamping menyertakan GIF, polling, atau pertanyaan.

Instagram juga membiarkan pengguna memilih lagu untuk diputar sebelum mereka merekam video, yang terasa seperti aplikasi lip-sync.

Fitur musik ini diluncurkan untuk iOS dan Android namun kemampuan untuk memilih musik sebelum perekaman akan terbatas untuk iOS.

[Gambas:Video CNN] (din/evn)