Mitra Driver Kini Lebih Mudah Sewa Mobil di Gofleet

CNN Indonesia | Kamis, 18/07/2019 16:27 WIB
Mitra Driver Kini Lebih Mudah Sewa Mobil di Gofleet Kolaborasi Gojek dan Astra International dilanjutkan dengan pembentukan perusahaan patungan baru bernama Gofleet. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kolaborasi Gojek dan Astra International dilanjutkan dengan pembentukan perusahaan patungan baru bernama Gofleet. Perusahaan itu memfokuskan pada bisnis penyewaan kendaraan untuk mitra Gocar.

Direktur Gofleet Pandu Adi Laras mengatakan pihaknya bakal menjadikan mitra Gocar yang tidak memiliki mobil sebagai konsumennya.

"Kami memberikan akses kepada mitra pengemudi Gocar yang tidak punya mobil atau akses kendaraan," kata Pandu yang ditemui di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019, Kamis (18/7).



Untuk mendapat akses kendaraan ini ia menjelaskan seseorang sebelumnya harus terdaftar dahulu di Gojek. Setelah itu pihak Gojek akan mengarahkan pihak mitra tersebut ke Gofleet.

Pandu menuturkan mitra Gojek harus menyetorkan sejumlah biaya administrasi. Tahap awal, kata dia akan dikenakan biaya Rp1,5 juta.

"Komitmen awal itu Rp1,5 juta. Tapi ada biaya lagi Rp1.180.000 per minggu. Tapi biaya mingguan itu kami tariknya per hari," ucapnya.

Selain mendapat mobil, ia mengatakan biaya tersebut sudah termasuk perawatan berkala, layanan perbaikan, dan perlindungan asuransi. Sedangkan mobil yang tersedia adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

"Jadi biaya tersebut sudah dapat semuanya. Tidak perlu mikir perawatan, asuransi, dan lainnya. Mobil juga bebas dibawa pulang," ucapnya.


Mitra Gofleet juga punya kesempatan mendapat pemasukan tambahan melalui iklan yang bisa dipasang pada layar LED di kaca belakang mobil. "Tapi kami belum bisa sampaikan berapa pembagiannya dari iklan antara mitra dengan perusahaan. Karena ini baru saja mulai ya," kata Pandu.

Pandu melanjutkan mobil Gofleet tidak akan menjadi hak milik mitra meski setiap bulan rutin ditarik biaya. Sistem kerjasama dengan mitra Gocar hanya sebatas sewa.

Presiden Direktur Gofleet Meliza M. Rusli menambahkan bahwa kehadiran Gofleet diharapkan bakal memberi keuntungan bagi buat driver dan pelanggan jasa transportasi online.

"Dengan bergabung bersama Gofleet, mitra driver dapat fokus memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, sementara perawatan dan perbaikan kendaraan akan dikelola oleh Gofleet," kata Meliza. (ryh/asa)