Tak Caplok Oppo, Realme Sebut Rebut Pasar Ponsel Lain

CNN Indonesia | Jumat, 26/07/2019 09:42 WIB
Tak Caplok Oppo, Realme Sebut Rebut Pasar  Ponsel Lain Ilustrasi (CNN Indonesia/Dini Nur Asih)
Jakarta, CNN Indonesia -- Realme menyebut tidak mencaplok pasar kakak perusahaannya, Oppo. Alih-alih, Realme menyebut berhasil memakan pangsa pasar merek ponsel lainnya.

"Kalau secara data kita tidak mengambil market share Oppo dan kalau kita lihat market share kita selama 10 bulan ini kita lihat business review kita. Kita malah memakan merek lain," jelas Product Manager Realme Indonesia, Felix Christian Oppo usai meluncurkan Realme X kepada awak media di Jakarta, Kamis (25/7).

Namun, Felix tak membeberkan lebih detil pangsa pasar ponsel mana yang dicaplok Realme. Data pasar Realme dan Oppo tersebut menurut Felix dihimpun dari riset internal Realme pada akhir tahun 2018 hingga Juli 2019.


Selain itu, Felix menuturkan kalau strategi untuk menggaet pasar antara Oppo dan Realme berbeda. Oppo memiliki keunggulan dalam hal inovasi teknologi dengan harga yang lebih premium. Sementara Realme lebih mengarah pada pengguna yang sensitif harga.

"Sebenarnya kalau kita melihat dari Oppo dan Realme memiliki strategi yang berbeda, memang Oppo banyak teknologi terbaru. Jadi strateginya tidak akan mengambil [market share] satu sama lain," lanjutnya.

Meski Realme ditujukan untuk anak muda, tapi menurut Felix ponsel ini tidak selamanya dibeli oleh anak muda saja. Tapi ada kecenderungan anak muda jaman sekarang ingin memiliki ponsel dengan spesifikasi tinggi serta harganya yang terjangkau.

"Sebenarnya tidak selamanya dibeli anak muda karena kan anak muda itu identik dengan spesifikasi tinggi dengan harga yang terjangkau, jadi sebenarnya tidak hanya anak-anak muda," ucapnya.

Felix menjelaskan ponsel Realme memang dirancang bagi mereka yang ingin ponsel layar besar, spesifikasi tinggi, pengisian daya cepat, dan harga yang terjangkau.

Realme meluncurkan ponsel premium pertama mereka yakni Realme X, Kamis (25/7). Salah satu keunggulan ponsel ini adalah kamera pop-up sebesar 16 megapiksel dan kamera utama 48 megapiksel. (din/eks)