XL Jelaskan Soal Sinyal Hilang Timbul Saat Listrik Padam

cnnindonesia, CNN Indonesia | Senin, 05/08/2019 20:20 WIB
XL Jelaskan Soal Sinyal Hilang Timbul Saat Listrik Padam Ilustrasi (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- XL Axiata beri penjelasan terkait layanan selulernya yang hilang timbul saat listrik padam kemarin. Sebab, sejak pemadaman listrik yang terjadi Minggu (4/8) siang sejumlah pengguna mengeluhkan layanan jaringan XL yang hilang timbul.








Di beberapa lokasi, pengguna mengeluhkan sinyal layanan telekomunikasi ini malah hilang sama sekali.





Menanggapi keluhan ini, General Manager Corporate Communication at PT. XL Axiata Tbk Tri
Wahyuningsih menyebut penurunan layanan itu terjadi akibat tidak maksimalnya BTS yang tetap menyala dan bisa digunakan untuk melayani pengguna.

Ayu menjelaskan BTS akan dibangun makin rapat pada daerah yang padat populasi penduduknya. BTS dibangun makin rapat untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan.

Selain itu, menurut Tri, tidak 100 persen BTS miliknya dilengkapi dengan genset. Akibatnya, ketika cadangan daya di satu BTS sudah mati, maka jaringan daerah yang dilayani BTS tersebut dialikan ke BTS yang lebih jauh.

"Sehingga pengguna yang mengakses layanan dari BTS tersebut jumlahnya berkali-kali lipat dari biasanya. Dan hal ini menyebabkan penurunan kualitas dari BTS," tuturnya saat dihubungi CNNIndonesia lewat pesan teks, Senin (5/8).

Lebih lanjut, menurut wanita yang akrab disapa Ayu ini menyebut kemarin sekitar 20 persen jaringan XL Axiata di Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Tengah yang terdampak. BTS yang terdampak ini menurutnya mengalami penurunan kualitas jaringan.

Sehingga pengguna merasakan berkurangnya kecepatan dan kestabilan akses internet dan akses panggilan suara.

"Tidak setiap pelanggan mengalami penurunan kualitas layanan meskipun di lokasi tempatnya berada mengalami pemadaman listrik," jelasnya.

Untuk Area Jawa Timur, terdapat sekitar 1 persen jaringan XL Axiata yang terdampak dan mengalami penurunan kualitas akses internet dan panggilan suara.

XL mengklaim tim teknis mereka berhasil meminimalisir dampak buruk pada layanan. Langkah antisipasi tersebut antara lain berupa menyediaan baterai cadangan dan genset dalam jumlah yang memadai, serta rekaya pengaturan lalu lintas jaringan. (eks/eks)